‘Tari Pakon’ Lenek Lotim, Konon Dipercaya Bisa Sembuhkan Segala Penyakit

JayantaraNews.com, Lotim

Tari Pakon ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Lenek, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, untuk melakukan pengobatan bagi masyarakat yang tidak bisa disembuhkan oleh pengobatan medis. Hal ini dilakukan, karena kepercayaan masyarakat Lenek masih kuat dengan Tari Pakon tersebut, sehingga kerap dilakukan yang konon dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Ditemui JayantaraNews.com, Selasa malam (30/9/2019), Mahyudin, SH selaku Ketua Sanggar Seni Cupumas, sekaligus tokoh adat di Dusun Ramban Bela, Desa Ramban Biak, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur NTB menuturkan, bahwa munculnya Tari Pakon ini sekitar abad ke 17, dan Tari Pakon ini pada dasarnya adalah Pakon. Sedangkan Pakon arti kata dari pengakuan. Ketika dilakukan pengobatan harus melalui ritual-ritual yang dibimbing oleh Inak Mariati selaku Tengkorong/Mediator yang langsung memediasi untuk mengundang ruh halus, sehingga orang yang sakit akan pingsan ketika dimasuki ruh halus ke tubuhnya, dan diiringi oleh lawasan telutur beserta musik, guna untuk membangunkan orang sakit yang dirasuki oleh ruh halus. Ketika bangun dari pingsannya dalam keadaan setengah sadar dan langsung melakukan tarian sesuai alunan musik. ” Karena itulah dinamakan Tari Pakon dan alat musiknya khusus yang terdiri dari; dua buah gendang, petuk, kekenat, satu kekajar, rerincik/ceng-ceng, gong, suling panjang dan pelawas,” tuturnya.

Sehubungan dengan Tari Pakon ini, kami masyarakat Dusun Ramban Bela, Desa Ramban Biak Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur akan selalu mengokohkan, karena ini salah satu peninggalan leluhur kami yang bermanfaat dan bisa membantu masyarakat untuk penyembuhan segala bentuk penyakit, katanya. (Lalu JN)