Loading...

PENDIDIKAN Sebagai KUNCI Kemajuan Sebuah BANGSA

H Zuhri M Syazali, MA

JayantaraNews.com, Jakarta 

Pendikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa. Maju mundurnya sebuah bangsa sangat bergangtung pada kualitas pendidikan warga negaranya.

H Zuhri M Syazali, MA menegaskan, perlu diketahui, bahwa di dalam konstitusi, negara berkewajiban mencerdaskan kehidupan warga negaranya. Itu artinya, seluruh warga negara harus mendapatkan jaminan sosial.

Ia mengatakan, idealnya sistem pendidikan nasional sudah memiliki konsep yang handal, terukur dan sistemnya tidak berubah setiap ganti rezim. Dengan sistem yang handal, tentu bisa melahirkan sumber daya manusia unggul dan berintegritas yang mampu menghadapi persaingan global yang semakin sengit.

” Bila sistem pendidikan nasional tidak bisa menghasilkan sumber daya yang unggul dan berintegritas, maka sistem pendikan kita perlu dievaluasi.”

Selain infrastruktur, pendidikan harus terus dibenahi, tenaga pendidik juga perlu ditingkatkan, baik kualitas maupun kesejahteraannya. Dengan tenaga pendidik yang berkualitas, tentu akan melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berintegritas.

Saat awak media menyinggung mengenai kesehatan, Zuhri menjelaskan, bahwa kesehatan lebih penting dari pada pendidikan, karena kalau belajar bisa ditunda, sementara kalau sedang sakit tidak bisa ditunda dan harus segera diobati. Dia berharap pada saatnya nanti, jangan ada lagi warga negara yang meninggal gara-gara ngga punya uang untuk berobat.

” Jaminan kesehatan warga negara menjadi tanggung jawab negara. Dan semua warga negara harus mendapat jaminan kesehatan secara menyeluruh tanpa harus diklasifikasi, baik yang miskin maupun yang kaya,” harap Zuhri, Rabu, 9/10/1019.

Saat ini, jaminan kesehatan ditanggung oleh pemerintah pusat berupa BPJS. Pada realitanya, BPJS tidak bisa mengcover seluruh warga negara, maka pemerintah pusat harus tetap memberi kewenangan terhadap pemerintah daerah dalam menangani jaminan kesehatan.

Diketahui, H Zuhri M Syazali, MA, waktu menjabat sebagai Bupati Bangka Barat, pernah menyisihkan dana jaminan kesehatan lewat Pergub.

Dia yang terpilih menjadi senator periode 2019-2014, dari provinsi Bangka Blitung akan siap memperjuangkan masalah jaminan kesehatan bersama-sama senator lain di Komite lll yang membidangi kesehatan. Dirinya merasa bangga sebagai warga negara, bila negara bisa menanggung terhadap jaminan kesehatan seluruh warga negaranya, harap H Zuhri M Syazali, MA. (Smn)