Loading...

Cegah Peredaran Narkoba Di Lingkup Pendidikan, BNNK Sumbawa Ajak Kepsek Berperan Aktif

JayantaraNews.com, Sumbawa 

Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lembaga pendidikan, instansi pemerintah daerah maupun lingkungan masyarakat di Kabupaten Sumbawa, BNNK Sumbawa secara terus menerus melaksanakan sosialisasi terkait efek penyalahgunaan Narkoba tersebut, bagi generasi bangsa dan negara.

Dalam upaya tersebut, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa melaksanakan program pemberdayaan penggiat anti Narkoba di lingkungan instansi pemerintah “lembaga pendidikan”, (8/10).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut; Kepala BNNK Sumbawa AKBP Syirajuddin Mahmud, Kepala Cabang Dikmen PK – PLK Kab. Sumbawa, Kasi P2M Nur Syafruddin, Dosen UTS dan semua Kepala Sekolah SMA/SMK se Kab. Sumbawa.

Peredaran Narkoba di lingkungan pendidikan rentan terjadi terutama bagi siswa siswi setara SMA/SMK yang kerap menjadi salah satu sasaran dalam penyalahgunaan barang haram tersebut. ” Kami selalu berupaya dalam mencegah peredaraan gelap Narkoba tersebut,” ujar Kepala BNNK Sumbawa AKBP Syirajuddin Mahmud kepada JayantaraNews.com, (9/10).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadi peredaran Narkoba di lingkungan pendidikan, baik sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi yang ada. ” Tentunya lembaga pendidikan seperti sekolah serta kampus turut berperan aktif dalam pencegahan terjadi penyalahgunaan Narkoba tersebut,” ungkapnya.

Lanjut Syirajuddin mengatakan, bahwa banyak para pecandu Narkoba yang melaporkan diri untuk direhabilitasi, menjadi salah satu keberhasilan dari sosialisasi yang dilakukan oleh pihak BNN Sumbawa.

” Sesuai dengan Amanat UU No 35 Tahun 2009, bahwa pecandu Narkoba tersebut wajib untuk direhabilitasi,” ucapnya.

Sementara, Kepala Cabang Dikmen PK – PLK Kab. Sumbawa melalui kordinator pengawas Sugiyo Utomo saat dikonfirmasi JayantaraNews.com mengapreasiasi langkah BNNK Sumbawa mengajak semua stakeholder dalam mencegah peredaran gelap Narkoba dan penyalahgunaan barang haram tersebut.

Kegiatan seperti itu perlu kita dukung dan support dalam melakukan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kab. Sumbawa ini, baik di lembaga pendidikan sekolah serta kampus maupun lembaga intasi pemerintah lainnya, ungkapnya.

Ia mengatakan, apabila ada korban dari anak-anak kita terkait penyalahgunaan barang haram (Narkoba) tersebut, agar segera dilakukan penanganan secara baik dengan melakukan rehabilitasi dan pembinaan sehingga korban tersebut dinyatakan sembuh total.

” Mari semua instansi lembaga pendidikan, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri dan perguruan tinggi yang ada di Kab. Sumbawa. Dan semua pihak mendukung langkah-langkah dari BNNK Sumbawa, sehingga tidak ada lagi ada anak-anak didik kita yang menjadi korban dari penyalahgunaan barang haram (Narkoba) tersebut,” tutupnya. (Dhy JN)