Loading...

Soroti Danau Retensi Gedebage, Warga: Tak Jelas Anggarannya!

JayantaraNews.com, Kota Bandung

Pembangunan Danau Retensi yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung (Jl Gedebage arah Stadion GBLA), yang dibangun tepat pinggir Jalan Tol, dalam pengerjaan maupun sisi anggarannya seakan tertutup, dan besar dugaan dalam pengerjaannya asal-asalan.

Hal ini terlihat, karena tidak adanya papan proyek yang terpasang, sementara perusahaan apa yang mengerjakannya pun tidak jelas, kemudian dalam pembangunannya pun seakan tidak dikerjakan secara serius.

Simpang siur pun terjadi di kalangan warga yang melihat pembangunan Danau Retensi tersebut, apalagi tatkala melihat banyak para pekerjanya yang memakai baju seragam Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. ” Selain itu, sering juga Pejabat Kota Bandung yang mengontrol ke pengerjaan Danau Retensi itu.”

” Saya pun tidak tahu nama perusahaan yang mengerjakannya. Yang saya tahu, para pekerja itu memakai baju seragam DPU. Padahal, untuk membangun Danau Retensi itu, pertama kalinya merupakan sumbangan dari warga untuk pendanaannya,” jelas salah seorang warga sekitar.

Danau Retensi yang berada di pinggir antara dua jalan, yakni antara jalan yang menghubungkan Gedebage – GBLA, dan juga pinggir Jalan Tol Padalarang – Cileunyi itu, kemungkinan dikerjakan oleh Dinas PU Kota Bandung. Namun dalam pengerjaannya itu seakan tidak ada ketransparansian, karena tidak adanya papan proyek yang tertempel di sekitar area pengerjaan.

Selain itu juga, tanah bekas galiannya tercecer di pinggir Jalan Tol Padalarang – Cileunyi, yang dibiarkan begitu saja tanpa melihat dampak lingkungan yang akan terjadi.

Menyoroti pembangunan Danau Retensi yang terlihat asal-asalan itu, pihak Pemerintah Kota Bandung seakan tidak memberikan anggaran, dan hanya swadaya masyarakat saja. Hal ini sesuai dengan keterangan warga yang mengatakan, bahwa pembangunan Danau Retensi itu adalah hasil sumbangan warga sekitar agar mengurangi dampak banjir. ” Memang benar, itu danau adalah hasil swadaya masyarakat dan bukan anggaran dari pemerintah. Saya pun salah satu yang turut serta menyumbang pembangunan Danau Retensi itu, harapannya untuk dapat mengurangi banjir di sekitar wilayah ini. Semoga dalam pengerjaannya segera selesai, supaya di musim hujan tidak banjir lagi,” ungkap warga.

Anehnya, dalam pembangunan Danau Retensi itu, banyak dari masyarakat yang tidak tahu, seperti berapa luas danau yang dibuat, berapa anggaran yang sudah diserap, juga sampai kapan pengerjaan itu selesai.

Saat JayantaraNews.com datang ke lokasi proyek Danau Retensi, seluruh pekerja sedang tidak ada kegiatan pengerjaan (libur). Menurut warga yang sedang  mengambil rumput, bahwa pada hari Sabtu dan Minggu, semua pekerja libur.

Pantauan di lapangan, warga masih pertanyakan terkait pengerjaan Danau Retensi yang terlihat sembunyi-sembunyi, sementara dalam anggarannya pun, entah itu menggunakan dana sumbangan warga, atau sumbangan dari Pemkot Bandung atau anggaran lain, karena tidak ada kejelasan!..(Asep Setiawan)