SAH! AKD DPRD Sumbawa TERBENTUK

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq

JayantaraNews.com, Sumbawa 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa telah resmi membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Dengan Empat Komisi, yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK) diumumkan pada Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, dan 3 wakil ketua lainnya, di gedung paripurna DPRD Sumbawa, Senin (21/10).

Dalam pembentukan AKD berjalan cukup baik dan lancar, dimana dalam pembentukan AKD tersebut, dilakukan di masing-masing ruangan Komisi setelah pelaksanaan pemilihan 5 orang anggota DPRD dari 10 calon yang diajukan menjadi Badan Kehormatan DPRD.

” Alhamdulillah, pembentukan AKD DPRD Sumbawa sudah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme serta aturan yang berlaku,” ujar Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, usai pembentukan AKD kepada JayantaraNews.com.

Dan alhasil, sidang dilanjutkan dan diputuskan empat komisi lengkap dengan susunan ketua, wakil ketua, sekretaris. Selain itu, juga mengesahkan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK), lengkap dengan ketua, sekretaris dan anggota.

Untuk diketahui, komposisi komisi, diantaranya; Komisi I: Ketua – Syaifullah (PKS), Wakil Ketua – Hasanuddin (Berkarya) dan Sekretaris – Cecep Liesbano (Hanura). Komisi II: Ketua – Berlian Rayes (Golkar), Wakil Ketua – Bunardi (Nasdem), Sekretaris – Ridwan SP (PKB). Komisi III: Ketua – Hamzah Abdulah (Gerindra), Wakil Ketua – M Saad (PKPI), Sekretaris – Edy Syarifuddin (Nasdem), dan Komisi IV: Ketua – Ismail Mustaram (PPP), Wakil Ketua – Sahrul (Nasdem), dan Sekretaris – M Tahir (Gerindra).

Sedangkan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda); Ahmadul Kusasi (Golkar) dan Wakil Ketua Ahmad Adam (PPP). Sedangkan Badan Kehormatan (BK) Ketua M Yamin (Hanura) dan Wakil Ketua Adizul Syahabuddin (PKS).

“ Saya berharap, Alat Kelengkapan DPRD yang baru saja terpilih dapat menjalankan tugas dan wewenangnya, sebagaimana peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menjadi mitra yudikatif yang baik,” ungkapnya.

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq mengatakan, bahwa setelah proses pemilihan AKD tersebut, akan dilanjutkan dengan Paripurna Penetapan Ketua Komisi-komisi terpilih pada hari Selasa, (22/10).

Ia mengungkapkan, bahwa terbentuknya AKD DPRD tersebut agar segera bisa bekerja dengan baik kedepannya. Dengan harapan, Ketua Komisi DPRD yang terbaru ini bisa menjadi landasan untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah, serta memaksimalkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah.

“ Dengan terbentuknya AKD DPRD tersebut, agar bisa bekerja maksimal dan baik untuk kemaslahatan serta kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” pangkasnya. (Dhy JN)