Dandim 0612/Tasikmalaya: Pilkades Serentak 2019, Jajaran Harus Bersikap Profesional

JayantaraNews.com, Tasikmalaya

Mengambil tempat di Mapolres Tasikmalaya Jalan Mangunreja Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, pada Rabu (23/10/2019), telah dilaksanakan apel kesiapan dan pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2019.
  
Acara tersebut dihadiri Kejari Singaparna Sri Tatmala, Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalya Hj Sri Sulistiyani Endang Susiyanti, SH, M.Si, KPU Kabupaten Tasikmalaya yang diwakili divisi hukum dan pengawasan (Fahrudin), anggota Panwas Kabupaten Tasikmalaya (Hendra), Kasubag Trantib Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Dindin, Kapolsek Singaparna AKP Budiman, Danramil 1211/Singaprna Mayor Inf Dedi, dan para Kaplosek Polres Kabupaten Tasikmalaya.
  
Pada pelaksanaan apel tersebut,  yang menjadi inspektur upacara adalah Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka Putra, S.IK dan yang bertugas sebagai komandan apel yakni Kasat Sabhara AKP Ali Munanggar, SH.
 
Dalam amanatnya, Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka Putra menyampaikan, bahwa pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan diadakan pada tanggal 24/10/2019 di wilayah Kabupaten Tasikmalaya ada sebanya 211 desa.


  
Dari 211 desa ini terbagi menjadi  dua wilayah, yakni 138 masuk wilayah hukum Polres Tasikmalaya, dan 73 desa masuk ke Polres Tasikmalaya Kota.

Adapun, jumlah peserta yang mengikuti Pilkades serentak dari 138 desa sebanyak 573 calon kepala desa.

Selama Pilakdes berlangsung, pihak Kepolisian tidak akan menganggap mudah tindak kerawanan. Kepolisian akan menindak tegas para pelanggar sesuai dengan standar operasional, papar Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka Putra.

Guna persiapan pengamanan tersebut, pihaknya akan menurunkan 2/3 kekuatan sebanyak 450 personel yang terdiri dari 285 personil Polres dan 165 personel Polsek, jajaran 2 kompi Brimob Polda Jabar dan 140 personel TNI, tandasnya.

Kapolres Doni Eka Putra mengatakan,” Untuk itu diharapkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkades serentak ini, harus benar-benar bertanggung jawab dalam tugas dan memegang teguh netralitas, serta tetap bersinergi dengan aparat keamanan lainnya dalam pelaksanan tugas di wilayah.
 
Sementara, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Imam Wicaksana mengatakan, pada pemilihan kepala desa serentak, TNI pun bertugas dalam hal pengamanan bersama Polri.
 
Kami akan menurunkan sekitar 140 anggota TNI guna memantau serta melakukan pengamanan di Pilkades serentak. ” Diharapkan, agar seluruh jajaran yang bertugas dapat bersikap profesional untuk terciptanya Pilkades yang jujur, adil dalam situsi yang kondusif,” pungkasnya. (Zanks)