Cabuli Anak Bawah Umur, Rus Warga Datuk Bandar Ditangkap Timsus Gurita

JayantaraNews.com, Tanjungbalai

Timsus Gurita Polres Tanjungbalai berhasil menangkap Rus alias Tuah (37), warga Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, pada Selasa (29/10/2019), di wilayah hukum Polres Asahan.

Tersangka Rus alias Tuah ditangkap berdasarkan laporan Mawar (nama samaran) yang didampingi ayahnya pada 10 Oktober 2019 lalu ke Polres Tanjungbalai, yang tidak terima telah dicabuli tersangka dengan nomor LP/245/IX/2019/SU/Res.T.balai tertanggal 10 Oktober 2019.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, S.IK, MH, melalui Kasubag Humas IPTU Ahmad Dahlan, SH menuturkan,” Tersangka kita tangkap berdasarkan laporan korban yang telah dicabuli tersangka di dalam kamar mandi rumah korban.”

Dari pengakuan korban, tersangka yang memasuki rumah korban dan melihat korban yang tengah mandi, tiba-tiba tersangka langsung memeluk korban dalam keadaan tidak berbusana.

” Spontan korban melakukan perlawanan dengan menggigit tangan tersangka, dan berlari minta pertolongan. Beruntung, pada saat itu Bunga yang tengah melintas di depan rumah korban dan langsung mendobrak pintu rumah korban. Saat dipergoki Bunga, pelaku pada saat itu langsung melarikan diri.

Selanjutnya, setelah mencukupi bukti laporan korban, Timsus Gurita Polres Tanjungbalai melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang sempat kabur selama satu bulan. Akhirnya, pada tanggal 29 Oktober 2019, Timsus Gurita berhasil membekuk tersangka yang lari ke wilayah hukum Polres Asahan.

Pada saat diperiksa di Polres Tanjungbalai, Rus alias Tuah mengakui perbuatan bejadnya itu di hadapan Penyidik Satreskrim.

Atas perbuatan bejadnya terhadap korban yang masih di bawah umur, tersangka dijerat dengan Pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan anacaman hukuman pidana penjara minimal 5 tahun maksimal 15 tahun, dengan denda paling banyak Rp 15 miliar. (Eko Setiawan)