TAHURA: Inspirasi Temu Akbar MTs Al Burhan Bandung, Berbagi Kasih Dengan Sesama

JayantaraNews.com, Kota Bandung

Pada Minggu, 3 November 2019, Yayasan Pendidikan Islam dan Pengembangan Pondok Pesantren Al Burhan (MTs Al Burhan), yang beralamat di Jalan Pesantren Cigadung Kota Bandung, mengadakan kegiatan Temu Kangen (Reuni Akbar) untuk semua angkatan.

Gelaran Reuni Akbar dan Bhakti Sosial yang di adakan di Kawasan TAHURA (Taman Hutan Raya) Dago Pakar Kota Bandung itu, berawal dari pertemuan antar rekan-rekan, yang pada akhirnya tercetuslah suatu gagasan dari beberapa alumni untuk menyelenggarakan Reuni Akbar bagi seluruh periode, yakni:
– Alumni SMP Madrasah Al Burhan seluruh periode, dan
– Guru-guru serta karyawan Madrasah Al Burhan

Diharapkan, agar dengan adanya forum reuni ini, bisa menghasilkan kontribusi positif bagi para alumni sebagai wadah silaturahmi antar alumni dengan alumni, dan alumni dengan almamater, disamping membantu tujuan almamater sebagai pelopor dari kemajuan masyarakat dan kebudayaan manusia serta membantu insan yang bertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat. Demikian, selintas pemaparan dari Kokom Komariah, selaku Ketua Panitia Reuni Akbar Lintas Periode itu.

Acara yang diberi nama: “Reuni Akbar Lintas Angkatan Madrasah Al Burhan”, dengan mengambil tema: “Learning To Live Together” (Belajar Untuk Dapat Hidup Bersama) ini dimaksudkan: bahwa setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat untuk menghargai kemajemukan dan membekali dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia.

Kokom menambahkan, bahwa kemeriahan acara Reuni Akbar Lintas Periode ini, selain merupakan ajang bertemunya kawan-kawan lama dalam ikatan tali silaturahmi, juga diharapkan bisa menjadi sebuah jembatan yang akan bermuara dengan lahirnya ide dan gagasan-gagasan yang cemerlang, imbuhnya.

Sementara itu, Drs H Aceng Dudung, M.MPd, selaku Ketua Yayasan Al Burhan, saat memberikan wejangan di acara tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana dan syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya acara tersebut. ” Saya apresiasi sekali, dan mudah-mudahan acara reuni semacam ini bisa rutin dilaksanakan,” ujarnya.

Ia menceritakan, bahwa perkembangan kemajuan saat ini di Al Burhan, sudah berdiri TK, MI, MTs dan SMA/MA. ” Di usia yang sudah mau 40 tahun di Agustus nanti dan lebih dari 2000 lulusan itu, semoga ke depan semakin bermutu dan berkualitas. Alhamdulillah, kami juga dari pihak yayasan sudah melebarkan pesantren di Rancakendal, yang Insya Allah, di tahun 2020 akan kita launching,” katanya.

Sementara itu, Haji Parman selaku Kepala MTs Al Burhan yang sudah aktif mengajar dari tahun ’83 itu, menyampaikan salut dan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. ” Mudah-mudahan acara Reuni Akbar sebagai ajang silaturahmi ini tetap terus dilestarikan.”

Acara diselingi dengan pemotongan tumpeng, sekaligus pemberian cenderamata dari panitia pelaksana kepada Ketua Yayasan MTs Al Burhan Haji Aceng dan jajaran, selain pemberian santunan secara simbolis terhadap para anak yatim.

Usai Tausiyah oleh Ustadz Haris, di akhir acara, Kokom Komariah yang didampingi para panitia pelaksana, mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah bersedia hadir, hingga menambah keharmonisan dalam nuansa silaturahmi yang meriah. ” Semoga ikatan silaturahmi antar alumni, almamater juga para guru-guru pengajar di MTs Al Burhan, tetap terus terjalin dan giat silaturammi melalui Temu Kangen (Reuni Akbar) ini diharap bisa rutin dilaksanakan, Aamiin Yaa Robbal Alamiin,” tutupnya.

Kemeriahan acara dilanjut dengan hiburan dan joget bersama.
Kontributor: Eli Sri Rahayu