DLH Kab Kaur Bengkulu Lirik Stungta & Terapkan KaMiSaMa Tata Persampahan Ramah Lingkungan

JayantaraNews.com, Bandung

Berlokasi di kawasan Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan Indah Kota Bandung, pada Kamis, 14 November 2019, Harmaini, SE, Kasubag Perencanaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu mengemukakan: “ Sengaja saya ke Bandung, lihat kinerja mesin pemusnah sampah ‘Stungta’. Hampir dua hari saya pelajari, ini demi kemungkinannya diterapkan di Kabupaten Kaur secara bertahap. Persoalan sampah domestik, sama lah ini sudah menjadi masalah nasional,” paparnya.

Masih di tempat yang sama, JayantaraNews.com sempat berbincang dengan pengamat bidang lingkungan dan persampahan dari Provinsi Bengkulu, Ardiansyah. Dalam pertemuan ini, ia tampak mengapresiasi kinerja mesin pemusnah sampah ‘Stungta’ yang disertai rencana penerapan konsep KaMiSaMa (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri).

“ Kami tertarik memakai ‘Stungta’ yang smokeless dan ramah lingkungan, sebaiknya memang dikelola dengan konsep KaMiSaMa. Persoalan sampah bukan sekedar kemampuan mesin belaka, melainkan cara pandang kita tentang esensi sampah dan kelangsungan lingkungan hidup memang harus berubah,” jelas Ardiansyah yang juga paham tentang penerapan pengelolaan sampah melalui program 3 R di Provinsi Bengkulu.

Pada pihak lain, Betha Kurniawan kepada redaksi menyatakan kehadiran berbagai utusan dari  insntasi pemerintah dan swasta dari berbagai daerah dalam berbagai tingkatan, hampir setiap hari hadir di lokasi penempatan mesin Stungta di Kawasan Jl Kawaluyaan Indah di Kota Bandung: “ Bersyukur, pihak yang berminat memanfaatkan konsep KaMiSaMa terus bertambah, termasuk di dalamnya untuk memanfaatkan keampuhan ‘Stungta’ sebagai mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan,” pungkasnya. (Harri Safiari)