Antisipasi Wabah Radikalisme, SRE Sumbawa Gelar Dialog Kebhinnekaan

JayantaraNews.com, Sumbawa Besar

Wabah radikalisme yang kian menjamur di segala lini, khususnya di Sumbawa dan mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara,  Samawa Research Empoerment (SRE) Sumbawa, melaksanakan dialog interaktif bertemakan “Merawat Kebhinnekaan, Menjaga KeIndonesiaan”, Kamis (14/11) bertempat di Taman Genang Genis Kerato Sumbawa.

Ketua Panitia Kegiatan Zainal Abidin S.AP, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ‘Virus Radikalisme’ kian mewabah dan menjangkit benyak lini, dari mahasiswa, Pengawai Negeri Sipil hingga lembaga-lembaga pendidikan seperti pondok pesantren, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

” Jika tidak di antisipasi, maka akan membahayakan kebhinnekaan, oleh karenanya SRE Sumbawa berinisiatif untuk menggelar dialog bersama dengan beberapa unsur,” tutur Mantan Ketua Cabang PMII Sumbawa itu.

Dia menambahkan, dengan terjadinya pengeboman di Makoberimob Medan kemarin, yang melukai beberapa korban itu artinya tugas kita melawan perilaku radikalisme ini harus kian masif.

” Sebagai organisasi yang peduli akan keutuhan NKRI dan bertugas merawat kebhinnekaan, kami siap mejadi lawan bagi radikalisme, khususnya di Sumbawa,” pungkasnya.

Sambung Zainal, bahwa hal tersebut tidak akan bisa dilakukan jika sendiri, maka diperlukan beberapa elemen dan cara untuk mencegah dan melawan perilaku radikalisme khususnya di Sumbawa.

” Tak ada agama yang membenarkan perilaku radikalisme. Itulah sebabnya kita harus melawan setiap bentuk radikalisme,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut; H Lahmuddin, M.Pdi perwakilan Forum Komunikasi Ummat Beragam, Ubaidillah, M.Pd perwakilan Akademisi Universitas Samawa, Djoko RS Gatot perwakilan Polres Sumbawa, organisasi PMII, HMI, KAMMI dan GP ANSOR Sumbawa. (AJI JN)