Loading...

SELINGKUH: Sektor 9 Sub 3 Kerahkan Masyarakat & Formacib Bersihkan Simpadan Situ Ciburuy

JayantaraNews.com, Bandung Barat

Satgas Citarum Sektor 9 sub 3 bersama Formacib (Forum Masyarakat Cinta Ciburuy), kerahkan ratusan orang warga dari berbagai elemen seperti ecovillage Laskar Mentari, GM FKPPI Padalarang, Linkom KBB, Club’ Dayung Tree Generations, Nalactak dan masyarakat sekitar, membersihkan sempadan Situ Ciburuy sepanjang Jalan Sadang Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Minggu (17/11).

Selain elemen yang sudah ada, turut hadir H Apung Kepala Dinas LHK Bandung Barat pada karya bakti yang mengusung tema SELINGKUH (Selamatkan Lingkungan Hidup), yang dimulai dari pos pantau paniisan sampai dengan lapang voli yang meliputi 9 ke RT an yang termasuk ke dalam wilayah RW 15, 16 dan 17.

Kegiatan pembersihan Situ Ciburuy ini, merupakan karya bakti yang kesekian kalinya digelar oleh Satgas Citarum dan Formacib dalam rangka mendukung program Citarum Harum, serta memelihara situs purba yang menjadi kebanggaan Jawa Barat.

Ratusan karung sampah berhasil di angkat dalam karya bakti tersebut, untuk selanjutnya di angkut oleh truk sampah dari Dinas LHK Kabupaten Bandung Barat untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.

Kebersamaan ini harus terus kita tingkatkan, kebersihan lingkungan di Situs Situ Ciburuy juga merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Citarum harus yang sesuai dengan Perpres No 15 Tahun 2018.

Demikian menurut Dansektor 9 Kokonel Inf Amir melalui Dansub 3 Padalarang Pelda Aris Susanto di hadapan seluruh elemen yang hadir sesaat setelah selesai melakukan pembersihan sempadan Situ Ciburuy.

” Sesuai dengan tugas dari komando atas, serta arahan dari Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud, keberadaan Satgas di Sektor 9 adalah untuk mengembalikan ekologi aliran Sungai Citarum, jadi kami menyatakan perang terhadap berbagai macam limbah,” ujar Pelda Aris Susanto.

” Karya bakti yang digelar ini bertujuan untuk terus menjalin kebersamaan dengan rakyat, kita gunakan program Citarum Harum ini selain untuk membenahi Citarum dan anak sungainya, juga memperkuat soliditas Kemanunggalan TNI dan Rakyat.”

Sementara itu, Agus Solihin Ketua Formacib mengatakan, bahwa jalinan kami (Formacib) dengan Satgas Citarum sudah dilakukan sejak tahun 2018, sejak pertama kali TNI ditugaskan di Citarum.

” Sudah banyak kerjasama kami lakukan, saya berharap kedepannya hubungan kerjasama ini akan lebih baik, salah satunya adalah menjadikan Situs Situ Ciburuy ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang bersih, nyaman dan bebas dari limbah berbahaya,” Ucap Agus.

” Ini adalah kegiatan yang kesekian kalinya, kami bangga bahwa upaya untuk program SELINGKUH (Selamatkan Lingkungan Hidup) hari ini selain dihadiri oleh Satgas Citarum, juga dihadiri oleh Kadis DLH Bandung Barat H Apung.”

” Semoga program selamatkan lingkungan hidup ini bisa kami tularkan kepada masyarakat yang lebih luas lagi, nanti kami akan buat kegiatan dari hulu sampai hilir Citarum,” pungkas Ketua Formacib Agus Solihin. (Pendam III/Siliwangi)