Community Policing, Ajak Masyarakat Hindari Perbuatan Berurusan Dengan Hukum

JayantaraNews.com, Agam

Saat ini, semakin pesatnya perkembangan teknologi namun tidak seimbang dengan perkembangan pola pikir dari masyarakat kita, bercermin kepada banyaknya permasalahan yang muncul disebabkan oleh kekeliruan dari masyarakat kita dalam mengartikan dan memahami kemajuan teknologi pada saat ini.

Teknologi harusnya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, namun apabila kita tidak bijak dalam menggunakan teknologi itu sendiri, bisa-bisa akan menjadi bencana yang siap menghancurkan bangsa dan negara serta masyarakat secara keseluruhan.

Menyikapi semakin banyaknya kejadian yang notabene dipicu oleh teknologi, Kasat Binmas Polres Agam melakukan kegiatan Community Policing, yang inti dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat menjadi Polisi bagi dirinya sendiri, dari tindakan yang ia lakukan, serta perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam hingga perbuatan tersebut berurusan dengan aparat hukum.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas, guru pembimbing di sekolah tingkat atas dan sederajat, Banmus juga Nagari, Perwakilan Wali Nagari, Parik paga Nagari, Karang Taruna dan MUI serta Senkom Agam.

Community Policing untuk kali ini adalah kegiatan yang sudah kedua kalinya diadakan, dihadiri cukup ramai oleh peserta yang diundang oleh Kasat Binmas Polres Agam.

” Menurut Kasat Binmas Polres Agam AKP Nusirwan, SH melalui JayantaraNews.com mengatakan,” walaupun kegiatan yang kita laksanakan ini sudah kedua kalinya, namun animo dari para peserta cukup tinggi untuk mendengar materi yang akan kita sampaikan nantinya,” tuturnya.

Kasat Binmas menambahkan,” ada permasalahan yang dapat diselesaikan di tingkat bawah melalui proses dengan cara rasa kekeluargaan, dan juga tidak harus seluruh permasalahan itu diselesaikan melalui jalur hukum,” ujar Kasat.

Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Waka Polres Agam Kompol H Nasir. Dalam sambutannya ia menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan Polres Agam yang kedua kali ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dan juga di lingkungan mereka, yakni dapat menjaga Harkamtibmas untuk di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing, ucap Waka Polres Agam. (ZUL)