KPU Agam Launching Tahapan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Tahun 2020

JayantaraNews.com, Agam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melaunching tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Agam tahun 2020, bertempat di GOR Kabupaten Agam Lubuk Basung, Rabu malam, 27/11/2019.

Kalangan yang hadir pada kegiatan tersebut, di antaranya dari unsur Forkopimda Plus Agam, Komisioner KPU dan Bawaslu Agam, Kepala OPD, para bakal calon bupati dan wakil bupati, para ketua partai yang ada di Kabupaten Agam beserta para pemilih, serta masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni kepada JayantaraNews.com menuturkan, pelaksanaan launching Pilkada ini bertujuan untuk menyampaikan secara jelas kepada masyarakat, bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai dari hari ini,” tuturnya.

Diperkirakan ada sebanyak 270 daerah akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), seperti; gubernur dan juga wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, seterusnya wali kota dan wakil wali kota dengan serentak pemilihannya pada tahun 2020 ini.

“ Beberapa tahapan seperti penyusunan produk hukum dan perencanaan anggaran serta penandatangan (NPHD) bersama Pemda telah kita lakukan pada bulan Oktober lalu.”

” Setelah ini kita lanjutkan dengan tahapan pencalonan, baik perseorangan maupun dari Parpol pada 16-18 di bulan Juni, kemudian pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 23 September 2020 mendatang,” ulas Riko.

Menurut Riko Antoni, komitmen dan peran aktif beserta seluruh elemen dibutuhkan untuk kesuksesan pesta demokrasi.

“ Di pelaksanaan Pilkada melibatkan seluruh komponen, terutama penyelenggara, seperti; KPU, Bawaslu, DKPP, pasangan calon bupati dan juga wakil bupati, pemilih, serta dukungan dari pihak Pemda, keamanan dan juga awak media.

” Tanpa dukungan dari semuanya tentu pelaksanaan Pilkada ini tidak berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Launching di pemilihan serentak Bupati dan juga Wakil Bupati Agam diwarnai dengan pembunyian sirine, kemudian penyalaan obor dan memeriahkan dengan kembang api di lokasi GOR Kabupaten Agam Lubuk Basung.

Menurut Bupati Agam (Ir H Indra Catri, MSP) di dalam amanatnya menyampaikan, agar seluruh stake holder membulatkan tekad dan niat untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi kita ini.

“ Satukanlah tekad dan juga niat untuk mensukseskan kegiatan yang sangat mulia ini, karena pesta demokrasi ini yang akan menentukan masa depan Kabupaten Agam lima tahun kedepan. Lakukan dengan rasa berbahagia, jadikan Kabupaten Agam sebagai barometer pelaksanaan Pilkada yang sukses di Sumatera Barat,” harapnya.

Tidak cuma itu, Bupati Agam Ir H Indra Catri MSP yang sudah dua periode memimpin juga menyebutkan,“ kalau indak ka samo jo Indra Catri yang ka dipiliah do, kalau ado yang lebih dari ambo,” tambah bupati.

Diketahui Bupati Agam untuk saat ini juga mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatera Barat.

Dikatakan Bupati Agam, hampir Rp 50 miliar APBD Agam tahun 2020 dianggarkan untuk pelaksanaan Pilkada ini.

“ Diberitahukan juga kepada partai calon pengusung, tolong usung calon yang berkelas yang bisa mendamaikan masyarakat, tidak hanya membanggakan, tapi juga memberikan harapan pada masyarakat. Serta juga pada masyarakat jangan mau diiming-iming dengan uang bisa disebut money politic saat pemilihan nantinya,” tegas bupati.

Di acara launching pemilihan serentak Bupati dan juga Wakil Bupati Agam di 2020, juga turut dimeriahkan dengan penampilan artis minang Ajo Buset, band binaan Pemda Agam BMM Band, penampilan tari-tarian dari Sanggar Simphony, serta penampilan 100 tambua tansa dari penampilan siswa SMP juga SMA yang ada di Lubuk Basung di acara tersebut. (ZUL)