Hotel Margo Kota Depok Tolak Siswa PKL Karena Pake Hijab

JayantaraNews.com, Depok,

Margo Hotel, di Jalan Margonda Kota Depok akhir-akhir ini menjadi pemberitaan yang sempat viral di Kota Depok, akibat ada Informasi yang memberitakan penolakan Manajemen Margo Hotel terhadap siswa SMK di Kota Depok yang melakukan pengajuan magang dikarenakan menggunakan hijab.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Depok KH Mohammad Idris  memberikan komentar ketika dimintai keterangan kepada Manajemen The Margo Hotel melakukan klarifikasi terhadap isu tersebut.

” Kita akan evaluasi dan meminta klarifikasi pihak The Margo Hotel. Apakah benar melarang yang bekerja di sana menggunakan hijab?,” ucap dia.

Sementara itu, berita ini cukup membuat kelompok organisasi pergerakan mahasiswa yang berlatarbelakang landasan Agama Islam ikut berkomentar dan meminta untuk melakukan klarifikasi secara langsung atau dialog terhadap Manajemen The Margo Hotel, diantaranya ada organisasi Himpunan Mahasiswa Islam.

Dikatakan Bagas Kurniawan, selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Kota Depok yang menuturkan, bahwa hal ini tidak bisa dianggap main-main, dan harus ada tanggapan yang serius terkait isu yang beredar terhadap penolakan permohonan magang siswa SMK yang menggunakan hijab, katanya di Pusdiklat Graha Insan Cita, Jl Prof Dr Lafran Pane Sukmajaya Kota Depok, Kamis, (28/11/2019).

” Kita akan meminta klarifikasi dan dialog secara langsung kepada Manajemen Hotel The Margo City, apakah benar isu yang berkembang tersebut.”

Lebih lanjut, Bagas Kurniawan yang didampingi Tomi pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Depok menambahkan, bahwa jika memang benar adanya pihak Manajemen The Margo Hotel melakukan kebijakan tersebut, mereka akan melakukan upaya lain, termasuk mengcrosscheck payung hukum sebagai landasan konstitusional melaksanakan kegiatan dalam bernegara.

Terkait isu diskriminatif itu, lanjut Bagas, ini sensitif sekali apalagi kita hidup di masyarakat yang beragam.

Upaya dialogis dan niat baik manajemen hal yang saat ini dibutuhkan, agar dampak dari isu ini tidak semakin meluas. ” Pihak manajemen seharusnya memberikan pernyataan resmi, bahwa mereka tidak melakukan diskriminasi dalam organisasinya, sehingga tidak menjadi spekulasi di masyarakat,” katanya.

Sampai saat ini, pihak Himpunan Mahasiswa Islam cabang Depok masih menunggu jawaban dan klarifikasi ataupun niat yang baik dari pihak Manajemen The Margo Hotel terkait berita pelarangan terhadap pekerjanya menggunakan hijab, terkait dengan penolakan siswa SMK untuk PKL di Hotel Margo mendapatkan solusi yang positif agar upaya sinergitas terbangun dengan masyarakat. (Yun)