Loading...

Pilkada 2020, KPU Pangandaran Tetapkan Aturan Bagi Calon Independen

JayantaraNews.com, Pangandaran

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran telah menetapkan peraturan bagi para calon yang mau maju secara perseorangan (Independen) tanpa melalui partai.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin menjelaskan, persyaratan yang harus ditempuh oleh calon yang mau maju sebagai perseorangan, sedikitnya harus mendapatkan jumlah dukungan 8,5% dari jumlah penduduk yang termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir.

Hal itu, merujuk pada ketentuan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pada pemilihan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota, yang menyatakan, bagi kabupaten/kota dengan jumlah penduduk termuat dalam DPT 250 sampai 500, jumlah dukungannya minimal harus 8,5 persen dari jumlah penduduk yang termuat dalam DPT Pemilu terakhir.

” Untuk Kabupaten Pangandaran, dengan jumlah pemilih dalam DPT Pemilu terakhir sebanyak 320.118 orang, maka minimum dukungan adalah sebanyak 8,5 persen dari total jumlah tersebut,” terangnya kepada JayantaraNews.com, Rabu (4/12/19).

8,5 persen tersebut, lanjut Muhtadin, jika dikalikan maka akan diperoleh angka 27.211 orang di Kabupaten Pangandaran dengan pembagian desimal ditarik ke atas sesuai PKPU.

” Nah, sedangkan untuk persebarannya di kecamatan, yakni harus memenuhi minimal lebih dari 50 persen dari total kecamatan di Kabupaten Pangandaran,” tuturnya.

Dikarenakan Kabupaten Pangandaran ada 10 kecamatan, maka lebih dari 50 persen dari 10 adalah 6 kecamatan. ” Sehingga untuk persebaran dukungan calon perseorangan di daerah ini harus ada di minimal 6 kecamatan,” ucapnya.

Penetapan dan pengumuman tersebut, kata Muhtadin, telah dilakukan dalam rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh anggota KPU dan para pejabat terkait di lingkungan penyelenggara Pemilu Kabupaten Pangandaran, pada Senin 2 November 2019 lalu. ” Dan itu sudah diteruskan kepada seluruh partai politik dan pemerintah serta media massa untuk disebarluaskan kepada masyarakat, agar diketahui dan dipahami,” paparnya.

Muhtadin menambahkan, untuk formulir surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung yang ditempel dengan foto kopi KTP elektronik atau Surat Keterangan (Model B-1 KWK Perseorangan) dapat diunduh di https://kab-pangandaran.kpu.go.id

” Kami sangat berharap dengan dimulainya tahapan dalam penetapan dan penandatanganan berita acara tersebut, maka semua pihak terkait sudah bersiap-siap, untuk menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Pangandaran dalam rangka memilih kepala daerah,” pungkasnya. (Nana JN)