Loading...

Mantapkan Pengelolaan Media Informasi, Bawaslu Dharmasraya Sumbar Gelar RDK

JayantaraNews.com, Dharmasraya

Dari memantapkan pengelolaan suatu media informasi, Bawaslu Dharmasraya, Sumatera Barat, gelar rapat dalam kantor (RDK) tentang peliputan juga dokumentasi, dan publikasi, acara di ruang rapat kantor Bawaslu, Selasa (3/12/2019).

Acara RDK tersebut melibatkan sejumlah wartawan media cetak dan media elektronik, serta menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfo Dharmasraya Hendri Wartawan, Sukri Umar, yang Hadir di kesempatan itu, Sekretaris Bawaslu Redha Akmal, Komisioner Laila Husni, dan staf Bawaslu Dharmasraya.

Saat itu, Hendri melalui JayantaraNews.com menyampaikan poin-poin penting yang tercantum dalam UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP).

“ Menurutnya, media informasi yang dikelola Bawaslu tentunya harus berpedoman kepada undang-undang tentang keterbukaan informasi publik. Agar informasi yang diberikan benar-benar sesuai fakta. Informasi ini bisa melalui media cetak, elektronik dan sebagainya,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan, Bawaslu agar berhati-hati dalam mengelola media informasi, agar tidak terjerat UU ITE pada saat ini.

Seterusnya, Sukri Umar juga menyampaikan tentang cara menulis yang baik sesuai kaidah jurnalistiknya. Apapun informasi yang diberikan ke Bawaslu dalam bentuk tulisan, baik itu melalui website, dan Medsos harus tetap mengacu kepada rumus 5W 1 H, agar mudah dipahami oleh masyarakat banyak.

Kemudian Bawaslu perlu menginformasikan setiap kegitan melalui media cetak maupun media online, supaya apapun bentuk dari kegiatan Bawaslu bisa diketahui oleh publik, sambungnya.

Sukri Umar menambahkan, dalam mengelola informasi sebisa mungkin mencari hal-hal yang menarik yang dapat diekspose. Selain itu, dalam penyajian informasi harus memperhatikan target pembacanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Dharmasraya Syamsurizal mengatakan, tujuan RDK ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di lingkungan Sekretariat Bawaslu, khususnya yang membidangi pengelolaan media informasi plus silaturahmi dengan para awak media.

“ Media informasi Bawaslu dan Insan Pers merupakan corong yang mempunyai tugas penting menginformasikan kegiatan-kegiatan yang ada di Bawaslu tersebut,” kata Syamsurizal.

Diketahui, harapan Syamsurizal, kegiatan RDK ini juga merupakan salah satu bentuk penyemangat di Bawaslu, dalam melaksanakan kewajiban terkait keterbukaan informasi publik yang telah diamanatkan oleh undang-undang. (ZUL)