Dongkrak Perekonomian, Desa Ciparay Gelar Pentas Seni & UMKM

JayantaraNew.com, Kab Bandung

Dalam rangka mensosialisasikan sekaligus memperkenalkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang ada di tiap-tiap RW, belum lama ini Desa Ciparay, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, menggelar pentas seni dan UMKM.

Kegiatan yang berlangsung di GOR Desa Ciparay itu, diharapkan agar setiap warga yang ada mengenalkan seni dan UMKM.
  
Dari 10 RW yang ada di Desa Ciparay itu, masing-masing membuka stand penjualan produk kerajinan yang ada di tingkat RW.

Diharapkan, dari keanekaragaman produk-produk hasil kerajinan dan kuliner hasil buah tangan masyarakat Desa Ciparay itu dapat menjadikan sebuah usaha yang bisa meningkatkan perekonomiannya, dengan dibantu oleh pemerintahan desa.
      
Menurut Rahmat, selaku Sekdes Ciparay, saat dimintai keterangannya mengatakan,” kegiatan pentas seni dan UMKM ini, selain untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Ciparay, juga diharapkan dapat memberikan ruang dan peluang usaha kepada masyarakat yang lain. Untuk itu, saya selaku perwakilan dari pemerintah desa, sangat menyambut baik dengan digelarnya pentas ini. Ya mudah-mudahan dalam penyaluran produk UMKM yang ditampilkan para pengrajin dapat membuka peluang untuk mengembangkan penjualannya,” jelas Sekdes.

Selain produk-produk kerajinan hasil masyarakat, penampilan seni tradisional pun sangat ditonjolkan, salah satunya jaipongan, dimana para penari jaipongannya adalah anak-anak di bawah umur. Selain tari jaipong, tari-tari tradisional lainnya pun ikut digelar dalam giat tersebut.
    
Warga pun menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Karena menurutnya, kegiatan pentas seni dan UMKM yang digelar oleh pemerintah desa dan panitia ini, diharapkan bisa menjadi satu titik awal kemajuan UMKM di wilayah Desa Ciparay. (Asep Setiawan)