Bawaslu Gandeng BNNK Sumbawa Sosialiasi Bahaya Narkoba & Tes Urin 72 Anggota

JayantaraNews.com, Sumbawa

Dalam upaya pencegahan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di lingkup Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, kini Bawaslu menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa menggelar tes urin untuk semua Panwascam yang sudah lulus seleksi dalam rangka persiapan Pilkada serentak tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat



Ketua Bawaslu Syamsi Hidayat mengatakan, bahwa tes urin yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkup Bawaslu Kabupaten Sumbawa dan sosialisasi terkait anti Narkoba, ujar Syamsi saat ditemui JayantaraNews.com, usai pelaksanaan sosialisasi dan tes urin, Sabtu (21/12) di ruang kerjanya.

Menurutnya, Bawaslu pusat telah melakukan MoU bersama BNN agar semua stakeholder Bawaslu hingga daerah menindaklanjuti kerjasama tersebut. Sehingga jajaran Bawaslu bebas dari pengunaan Narkoba. Karena salah satu syarat untuk menjadi Panwascam itu yakni bebas dari penggunaan Narkoba, maka saat ini digelar tes urin untuk semua jajaran kami.

Syamsi mengungkapkan, bahwa ada 72 calon anggota Panwascam Kabupaten Sumbawa telah mengikuti sosialisi Anti Narkoba dan tes urin sebelum pelantikan menjadi anggota Panwascam di setiap kecamatan Kabupaten Sumbawa.

“ Apabila nantinya jika ada anggota kami yang terindikasi, tentu sikap tegas akan dilakukan karena stakeholder Bawaslu harus bebas Narkoba,” tegas Syamsi.

Sementara di lokasi yang sama, Kasi P2M BNNK Sumbawa Nursyafruddin mengatakan, bahwa sosialisasi tentang Narkoba yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba tersebut patut diapresiasi.

Terkait dengan bahaya pengunaan Narkoba tersebut, menjadi tanggung jawab semua kalangan, bukan saja Bawaslu atau Badan Narkotika Nasional semata dan patut ditiru oleh instasi-instasi pemerintah lain, pungkasnya. (Dhy JN)