BNNP NTB Musnahkan Barang Bukti 13 Kg Narkotika Jenis Ganja

JayantaraNews.com, Mataram

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB, pada  Kamis (26/12/2019) di halaman  Kantor BNNP NTB melaksanakan  kegiatan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis ganja seberat 13.222,76 Kg, serta  beberapa Narkoba jenis sabu.

Turut hadir dalam giat tersebut, beberapa istansi terkait, diantaranya; Kepala Bagkesbangpol Provinsi NTB, Kepala Badan POM NTB, Kasat Narkoba Polresta Mataram, Kejaksaan, pihak pengadilan serta Dinas Kesehatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala BNNP NTB Brigjen Pol Gede Sugianyar Dwi Putra meyampaikan, bahwa barang bukti ganja yang dimusnahkan tersebut  merupakan hasil pengungkapan yang dilakukan oleh Tim Ops Gabungan pihak Kepolisian dan BNN beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 01 Desember 2019, dengan wilayah TKP di Terminal Mandalika – Bertais Kota Mataram.

Lebih lanjut Gede Sugianyar menambahkan, bahwa barang bukti berupa ganja yang beratnya  sekitar 13 Kg lebih tersebut, merupakan barang kiriman yang dilakukan oleh Tersangka inisial “I”, salah seorang warga Johor Baru Jakarta.

Dalam menjalankan aksinya, Tersangka (I) dengan menggunakan bus jurusan Jakarta – Mataram dan menggunakan koper tempat menyimpan 15 bungkusan yang isinya adalah Narkotika jenis ganja. Setelah ditimbamg, berat bersihnya sekitar 13,222,76 Kg  dengan tujuan barang haram tersebut akan diserahkan ke Tersangka lain berinisial “Z”, yang merupakan warga Kota Mataram  yang sudah standby menungu/menjemput di Terminal Mandalika (TKP), ungkap Gede Sugianyar.

Kepala BNN NTB Brigjen Pol Gede Sugianyar megatakan, bahwa setelah pihaknya melakukan pengembangan lebih lanjut dari kedua pelaku, terungkaplah 1 (satu) orang pelaku dengan inisial “H” alias Borak, warga Mataram dan merupakan saudara kandung dari Tersangka “Z”, dan diketahui sebelumnya, bahwa Tersangka  “H” adalah Narapidana (Residivis) kasus ganja tahun 2018 dengan vonis 15 tahun dan barang kiriman berupa ganja tersebut dikendalikan dan diarahkan oleh saudara “H” alias Borak di dalam Lapas Mataram. 

Saat pemusnahan Narkotika jenis ganja tersebut, turut juga disaksikan oleh ke tiga pelaku sekaligus Tersangka serta didampingi oleh penguasa hukumnya saudara Usep Syarif Hidayat, SH.

Pemusnahan barang bukti  berupa ganja tersebut dilakukan dengan cara dibakar dalam tungku mobil kendaraan roda empat (R4) jenis incenerator  yang khusus digunakan untuk pembakaran BB, yang disiapkan oleh Kepala Badan POM NTB. (Tim JN)