Tak Bisa Ditawar! 4 Asas Harus Dimiliki ‘PWOIN’ Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara

Oleh: Ferri Rusdiono, Ketua Umum PWOIN

JayantaraNews.com, Jakarta

4 Asas yang harus dan wajib dimiliki oleh Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN), diantaranya;

1. Asas pertama, yakni asas moralitas. Wartawan PWOIN harus melindungi identitas anak yang menjadi korban kesusilaan atau pelaku kejahatan, tidak boleh menyebut identitas anak-anak sebagai pelaku kejahatan.

2. Asas wartawan PWOIN tidak boleh beritikad buruk. Wartawan PWOIN tidak boleh membuat berita cabul dan sadis, tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin dan sakit, dan tidak menerima suap. Wartawan PWOIN tidak boleh berprasangka dan diskriminatif terhadap perbedaan jenis kelamin, bahasa, suku, agama dan antar golongan (SARA).

3. Asas wartawan PWOIN juga harus menghormati kehidupan pribadi, kecuali untuk kepentingan umum, selain melaksanakan kewajiban koreksi, yakni mencabut dan meralat jika mengetahui ada pembuatan berita keliru atau tidak benar walaupun tidak ada yang minta, jika perlu disertai permintaan maaf. Jika wartawan PWOIN melaksanakan profesi tanpa moralitas atau dengan standar moral rendah, berarti mengingkari jati dirinya sendiri.

4. Asas wartawan PWOIN, yakni profesionalitas. Pada asas ini, wartawan PWOIN harus membuat berita akurat, menunjukkan identitas kepada narasumber, dan selalu menguji informasi, serta menghasilkan berita faktual dan jelas sumbernya. (Red)