Geram Dengan Bank Emok, Camat Ibun Instruksikan: Bumdes Harus Jadi Penopang

Camat Ibun, Adjat Sudrajat

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Camat Ibun Adjat Sudrajat geram dengan keberadaan Bank Emok yang telah memberatkan warga Kecamatan Ibun. Bermodus meminjamkan uang, namun saat membayar memakai bunga yang cukup besar dan mencekik nasabah.
      
Mirisnya lagi, Bank Emok yang bertopeng dan mengatasnamakan koperasi itu, kini justru telah merambah ke perkampungan dengan memberikan kemudahan pinjaman tanpa jaminan, namun dibalik itu semua malah mencekik nasabah dengan bunga yang besar layaknya rentenir.
      
Koperasi gaya rentenir yang dirasa mencekik dan meresahkan ini, menggugah Camat Ibun mengambil tindakan konkret demi menyelamatkan warga yang terjerat.
   
Saat dihubungi JayantaraNews, Camat Ibun Adjat Sudrajat mengatakan,” Kecamatan Ibun kini menjadi korban keganasan Bank Emok, atau koperasi yang mencekik warga dengan memberikan pinjaman dan bunga yang cukup besar. Untuk menghindari itu, saya sudah menginstruksikan kepada para kepala desa di Kecamatan Ibun, untuk menjalankan Bumdes dibidang simpan pinjam,” jelasnya.
      
” Saya sangat tidak suka dengan keberadaan rentenir berkedok koperasi. Untuk itu, saya instruksikan kepala desa untuk membuka usaha simpan pinjam dengan bunga rendah. Saya tidak mau tahu, Bumdes harus ada simpan pinjamnya, karena ini sudah masuk dalam fase darurat Bank Emok. Kalau ada kepala desa yang tidak mengindahkan instruksi ini, berarti kepala desa tidak berpihak kepada masyarakat,” geram Camat Ibun Adjat Sudrajat. (Egi BP/Asep S)