Vihara Dharma Sasana Berbenah Jelang Perayaan Imlek 2571

JayantaraNews.com, Lampung 

Vihara Dharma Sasana, atau Tjosoekong berbenah jelang perayaan Imlek 2571 yang jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020.

Romo Gunawan Salim sebagai pengurus Vihara Dharma Sasana, saat ditemui JayantaraNews.com, menyebutkan tidak ada persiapan khusus menjelang perayaan tahun baru Tionghoa tersebut. Dia mengatakan,” Imlek menjadi perayaan kultural etnis Tionghoa yang ada di wilayah Kalianda,” ucapnya.

Sesuai data, Romo Gunawan Salim menuturkan, bahwa di wilayah Kalianda ada sekitar 60 warga yang merayakan Imlek. Sejumlah warga yang beretnis Tionghoa tinggal di wilayah pasar lama, Kampung Cina, dan rawa-rawa, katanya.

Bersamaan pengurus Vihara lainnya, dia melakukan pembersihan Rupang atau Patung Budha dan sejumlah dewa. ” Ritual pembersihan Rupang telah dilakukan pada Minggu, 19 Januari 2020 kemarin,” ucapnya.

Selain pembersihan Rupang, tempat dupa atau hio, halaman, ruangan dalam Vihara juga dibersihkan. Pembersihan Vihara, dilakukan untuk menyambut warga yang beragama Budha dan warga lainnya yang merayakan Imlek. Sebab sebagai perayaan budaya warga beretnis Tionghoa, akan datang ke Vihara untuk berdoa, atau sekedar berkunjung untuk akhir pekan, dan bagi keluarga yang merantau bisa pulang kampung untuk silaturahmi,” ujarnya.

” Sesuai dengan penanggalan Tionghoa, tahun ini masih memasuki shio babi. Pada pergantian tahun baru Imlek, akan memasuki shio tikus logam.”

Berbagai harapan untuk tahun yang baru kerap diwujudkan dalam doa, yang dilakukan oleh setiap keluarga. Sementara, persiapan lindan hio atau dupa, sudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan umat yang akan bersembahyang.

” Lokasi Vihara yang ada di dekat dermaga bom Kalianda kerap dikunjungi, sebab selain sebagai Vihara tertua di Kalianda, juga bangunannya diperkirakan sudah ada semenjak Krakatau meletus tahun 1883 silam. Arsitektur Vihara yang unik, juga menjadi tempat yang patut dikunjungi sebagai salah satu wisata budaya sejarah,” tutupnya. (Jupri)