Kesbangpoldagri Sumbawa: SPJ Dana Parpol Tuntas

Kasubbid Kelembagaan Politik Bangkesbangpoldagri, Dra Dewi Saptuti

JayantaraNews.com, Sumbawa 

Ada 12 partai politik (Parpol) yang mewakili partainya duduk di kursi parlemen DPRD Sumbawa dari hasil Pileg tahun 2019 lalu. Kini Parpol tersebut diminta untuk segera menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) sisa anggaran 2019, sebelum batas akhir 31 Januari mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa melalui Kasubbid Kelembagaan Politik Dra Dewi Saptuti mengungkapkan, bahwa ada sebanyak 12 Parpol di Sumbawa yang menerima bantuan sisa anggaran tahun 2019 selama 4 bulan, ujarnya saat ditemui JayantaraNews.com, di ruang kerjanya, Jumat (31/1).

Ia menjelaskan, bahwa dari jumlah tersebut, Alhamdulillah,  semua Parpol yang menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana Parpol tersebut. ” Periode 2014-2019 berakhir Agustus lalu. Laporan pertanggungjawaban sudah masuk semuanya. Terus yang sisanya, 4 bulan untuk periode 2019-2024 ada 12 parpol yang mendapat bantuan. Pasalnya dari 12 Parpol tuntas dalam penyampaian LPJ penggunaan dana bantuan Parpol tersebut,’’ ungkapnya.

Lebih jauh Dewi Saptuti menambahkan, bahwa batas terakhir penyampaian laporan, yakni tanggal 31 Januari mendatang. Itu berdasarkan Permendagri Nomor 36 tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2018. Artinya, masih ada sisa waktu 10 hari bagi Parpol untuk menyelesaikan LPJ.

Pasalnya, BPK akan melakukan audit terhadap penggunaan dana bantuan Parpol pada 1 Februari 2020. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Parpol agar segera menyampaikan laporannya.

‘’ Kami tetap berkoordinasi dengan partai politik. Kami juga sudah menyurati Parpol agar segera menyelesaikan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan aturan dan tepat waktu,’’ tuturnya.

Untuk itu, ada 2 Parpol yang menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) hanya 4 bulan saja, yakni PKB dan Berkarya, karena Parpol tersebut baru periode 2019 -2024 ini mendapatkan perwakilan anggotanya yang duduk di DPRD Sumbawa, sedangkan ada 10 partai politik yang menyampaikan laporan LPJ penggunaan dana tersebut selama 1 tahun.

‘’ Alhamdulillah, penyampaian Laporan Pertanggungjawaban dana (SPJ) Parpol tersebut semua usai tepat waktu. Karena jikalau telat menyampaikan SPJ tersebut, maka bantuan dana Parpolnya akan tertunda,’’ pungkasnya. (Dhy JN)