MPW PP & BPPH DKI Jakarta Laporkan PT SKI Ke Polisi Terkait Dugaan Penipuan Penyalur Tenaga Kerja

JayantaraNews.com, Jakarta

Dugaan aksi penipuan yang dilakukan oleh perusahaan penyalur tenaga kerja PT SKI, berujung hingga laporan ke pihak kepolisian.

Badan Penyuluhan Pembelaan Hukum (BPPH), Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta melaporkan sebuah perusahaan, PT SKI ke pihak Polsek Pancoran atas dugaan penipuan penerimaan karyawan yang dilakukan perusahan tersebut.

Menurut Ade Anggraini, SH, MH selaku Sekretaris Bidang Hukum dan Wakil Ketua Badan Penyuluhan Pembelaan Hukum (BPPH) MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, siap akan membantu para pencari kerja yang menjadi korban penipuan yang dilakukan PT KSI bergerak sebagai perusahaan penyalur tenaga kerja, katanya kepada awak media, Kamis (13/2/2020) di Jakarta.

Ade menjelaskan, kasus ini bermula atas kecurigaan Wina Purwanti (WP) anggota Pemuda Pancasila yang sedang melamar kerja di PT SKI.

Untuk mendapatkan pekerjaan, korban WP diminta menyerahkan sejumlah uang kepada oknum perusahaan yang beralamat di Jalan Warung Buncit Raya, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan terangnya.

“ Saya dimintai sejumlah uang alasannya macam-macam, untuk uang fotokopi dan lainnya, sampai Rp 600 ribu,” tutur korban WP kepada Ade.

Merasa dirinya ditipu, Wina pun meminta pengurus Ranting Pemuda Pancasila Tegal Parang dan PAC Pancoran untuk membantu mengungkap kasus ini. Kemudian bersama BPPH MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, melaporkannya ke Polsek Pancoran.

Setelah melaporkan masalah itu, pihak Polsek Pancoran bersama Pemuda Pancasila menyambangi Kantor PT SKI, untuk mengkonfirmasi dan memeriksa kebenaran dugaan penipuan lowongan kerja tersebut. Selain Wina, yang menjadi korban penipuan, juga ada beberapa pelamar yang hingga kini belum mendapatkan pekerjaan, meski mereka telah membayar sejumlah uang.

Di kesempatan tersebut, anggota BPPH MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Fahmi Adha, SH mengatakan, pihaknya akan melakukan advokasi kepada warga, terutama anggota PP yang merasa ditipu oleh PT SKI.

Pihaknya berharap, dengan kita bantu buatkan laporan ke Polisi upaya segera ditindak untuk mendalami kasus ini,” jelasnya. (Bg/Yun)