HUT Ke 4 IKASMARICAP Cabang Bandung, Agus Warsito: Tingkatkan Peduli Lingkungan

JayantaraNews.com, Bandung

Helatan ulang tahun yang berlangsung sederhana dan hidmat, telah berlangsung di Rumah Makan Sindang Reret di Jalan Surapati No 53, Kota Bandung, pada Sabtu (15/2/2020). Gerangannya yang melangsungkan perhelatan ini IKASMARICAP (Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Cilacap) Cabang Bandung – ulang tahun ke-4:

“ Yang spesial kali ini kami menyatukannya dengan ulang tahun dari salah satu anggota kami Kang Sulistiono. Tentu, beberapa rekan lainnya pun ada yang berulang tahun dalam waktu yang berdekatan. Jadinya, kita satukan saja. Terpenting, teruslah kita pererat tali silaturahim, minimal di antara anggota se Jabar. Yang hadir itu ada dari Cirebon, Tasikmalaya, dan kota lainnya,” papar Agus Warsito (angkatan 1991) Ketua IKASMARICAP Cabang Bandung (2018 – 2021).

Selaras nama cabangnya di Kota Bandung, mayoritas anggotanya alumni SMA Negeri I Cilacap angkatan 1965 hingga 1997, rata-rata tinggal di seputar Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Sumedang). Yang menarik seperti dikatakan oleh Sulistiono, sejak berdiri IKASMARICAP Cabang Bandung ini sejak 23 Januari 2016:

” Semula terdaftar atau terdata jumlah anggotanya 110-an, nah saat ini justru meningkat menjadi sekitar 140-an anggota. Hal ini sangat menggembirakan, semoga ke depan kiprah organisasi kekerabatan atau kekeluargaan ini semakin meningkat dan semakin bermanfaat di mana pun kita berada,” kata Sulistiono disela-sela sambutannya sebelum acara ‘tiup lilin’ bersama rekan-rekan dari SMA-nya dahulu, terutama kelompoknya yang ia sebut ‘Haji Bodor’.  

Menariknya, helatan ini diselingi tausyiah dari Ustadz Gun Gun. Ia banyak mengupas perihal pentingnya meningkatkan silaturahmi di antara sesama anggota: ” Perbanyaklah kunjung-mengunjungi di antara anggota. Insya Allah, bila dilakukan secara berkesinambungan, akan memunculkan nuansa baru dalam kehidupan kita. Kita semakin bergairah …”

Pada pihak lain, Agus Warsito didampingi Penasihat IKASMARICAP Cabang Bandung, Anto S Ceblaka, Sekretaris Guntur Novianto, serta Bendahara Eddy Sutrisno, sempat memaparkan tentang pentingnya meningkatkan kepedulian sampah di Bandung Raya, ini terkait dengan kiprah sehari-hari dirinya sebagai Sekjen DPP Gerakan Hejo yang gencar sedang mencanangkan program KAMISAMA (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) dan penyebaran alat pemusnah sampah ‘ramah lingkungan’ Stungta:

“ Ini saya kemukakan dimana dan kapan pun, utamanya bila ada kesempatan baik seperti sekarang. Sekedar mengingatkan kepedulian untuk mengurangi penanganan sampah yang bertele-tele dan tidak efisien seperti selama ini. Sampah, hanya dikumpulkan di Sarimukti (Cipatat, Kab. Bandung) 1.200 ton per hari, dari total 6.000 ton per hari. Pertanyaannya, sampah harian di Bandung Raya sekitar 4.800 ton dikemanakan?,” tanya Agus Warsito yang direspon keperihatinan oleh puluhan anggota IKASMARICAP Cabang Bandung. 

Buntutnya, pantauan redaksi seperti tiga anggota pertemuan kali ini, di antaranya; Murdono (76) lulusan tahun 1963, Suharyanto Hadi (74) lulusan tahun 1965, dan Yuda Riswanto (70) lulusan tahuhn 1968, secara khusus mengapresiasi pertemuan kali ini.

“ Bagus-bagus saja itu tadi Mas Sulistiono dan kawan-kawan lainnya disatukan berulang-tahun. Lalu tadi ada kupasan soal sampah, yang sudah pada tahap darurat lingkungan. Ini mengingatkan kita, yang tinggal di Bandung Raya, harus lebih peduli lingkungan. Tentu, generasi mudanya harus action nyata di lapangan,” pungkas Murdono yang diiyakan oleh rekan-rekannya karena pertemuan alumni SMA kali ini mengajak peduli terhadap lingkungan. (Harri Safiari)