Wabup Sukabumi Hadiri Raker Percepatan Penyaluran & Pengelolaan Dana Desa

JayantaraNews.com, Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi H Adjo Sardjono didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H Iyos Somantri menghadiri Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020, bertempat di Sentul Internasional Convention Center  (SICC), Senin (2/3).

Rapat kerja dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya; Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, serta diikuti oleh seluruh kepala desa dan camat se Jawa Barat.

Kegiatan strategis tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan sinergitas kementerian, lembaga terkait, dan pemerintah daerah dalam percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa guna menciptakan penguatan ketahanan ekonomi serta pembangunan sumber daya manusia di desa.

Mendagri dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari penyaluran dana desa salah satunya adalah untuk mencegah arus urbanisasi yang tak terkendali yang berpotensi menimbulkan beragam persoalan di perkotaan.

” Seperti kemacetan, pengangguran, dan berpotensi menimbulkan berbagai persolan sosial lainnya,” ujar Mendagri.

Sementara itu usai acara, Wabup menyampaikan, bahwa penyaluran dana desa (DD) yang akan disalurkan ke kas desa nantinya bisa digunakan semaksimal mungkin dan dampaknya dapat dirasakan oleh warga.

” Dana yang disalurkan langsung mudah-mudahan dapat digunakan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada dan menghasilkan kemanfaatan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Wabup H Ajo Sardjono menekankan peran aktif dari pengawas dana desa dan masyarakat untuk bisa bersama-sama mengawasi, pemerintahan di desa. ” Perlu peran kita secara bersama-sama agar tidak ada penyalahgunaan dana desa nantinya,” pungkas Wabup. (Pid)