Irawati Hermawan, ‘Raih’ Ketum IKA Unpad 2020-2024: Laiknya Rektor Unpad, Srikandi Pertama!

JayantaraNews.com, Bandung

Figure Irawati Hermawan adalah wanita karir jebolan Fakultas Hukum Unpad 1987, kelengkapan lainnya ia lulusan Magister Hukum UI (2007). Pun, sedang bergulat selaku kandidat notaris Unpad 99, dalam penyelesaian studi S-3 di Unpad.

Laiknya, ia seperti ‘nyambi’ berprofesi sebagai lawyer langka di Indonesia ! Riuhnya, Teh Ira demikian ia akkrab disapa, digadang-gadang menduduki posisi Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran 2020 – 2024. Serunya, kegiatan yang terbilang kolosal di Jawa Barat khususnya, akan diikuti ribuan anggota IKA Unpad dari berbagai angkatan untuk 16 fakultas, gelarannya pada 4 April 2020 di Kampus Unpad Dipati Ukur Kota Bandung.

Lima kontestan atawa peserta selain nama resmi Irawati Hermawan, SH, MH yang bernomor urut 4 (alphabetis), di antaranya (1). Dr Ary Zulfikar, SH, MH, (2). Dr H Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP, M.Si, (3). Dr Hadiyanto, SH, LL.M, (5). Dr Tasdiyanto, SP, M.Si, dan (6). Tatan Pria Sudjana, S.Sos, MH.

“ Saya dan tim tidaklah muluk-muluk, bertahap dan penuh kepastian hari ini (Selasa, 10/3/2020), ternyata sejak siang hingga petang berduyun-duyun rekan alumni dari berbagai angkatan, lintas fakultas. Tercatat lebih dari 60 peserta mewakili rekan-rekannya. Ini sangat membanggakan sekaligus sebuah tantangan …,” papar Irawati Hermawan ketika ditemui di sela-sela silaturahmi rekan-rekan IKA Unpad di sebuah restoran di Jln Kyai Gede Utama di Kota Bandung.

Terpisah, di sela-sela keriuhan dukungan yang makin deras untuk figure Teh Ira pada Selasa petang itu, melalui salah satu timses-nya Helmansyah, ini merupakan dukungan kuat selain dari dari para pini sepuh Unpad, seperti Prof Mieke K Kantaatmadja, Prof Man Suparman Satrawidjaja, Prof Etty Riesmaryati Agoes, Prof Komariah Emong dan Prof Efa Laela Fakhriah.

“ Yang lebih menarik hari ini, dukungan dari Pak Arsyad Effendy, Ketua Komisariat Fakultas Kedokteran Gigi (2020 – 2024), Dadan Ari Wardana, Ketua Komisariat Peternakan (2020 -2024), Antje Mamoen sesepuh FH angkatan 1960,” jelas Helmansyah sambil menekankan bahwa dukungan ini – “ Sungguh, di luar dugaan.”

Milenial, Punya Aspirasi  

Tinjauan redaksi pada acara silaturahim ini cukup mendominasi adanya anggota IKA Unpad lintas fakultas dari generasi milenial, salah satunya Farel dari Angkatan 2015 Fakultas Hukum:

” Insya Allah, dan ini sudah mendekati kepastian kami bersama beberapa rekan seangkatan di berbagai fakultas, sedikitnya sudah bisa mengumpulkan 1.000 (seribu) voters, malahan masih bisa lebih…”

Ditelisik lebih dalam, seberapa besar potensi ‘voters’ untuk Teh Ira? Ini dikonfirmasi kepada Farel: ” Kami sudah merasakannya, ketika Teh Ira menjabat Sekjen IKA FH 2015-2019 saat itu dipimpin Kang Agus Santoso, beberapa kali kegiatan kemahasiswaan termasuk hingga membuka jejaring dalam dunia kerja untuk alumni lintas fakultas, selalu dilakukan Teh Ira dan tim-nya. Hingga kini kinerja seperti itu, malah masih berlanjut…”

Bukan Birokrat …

Dalam kesempatan yang sama, beberapa alumni Unpad yang hadir di acara ini di ‘Kyai Gede Utama’, optimis bila Ketua Umum IKA Unpad dipimpin Irawati Hermawan yang juga dikenal sebagai pendiri Juniarto Corporate Law Firm dengan 50 pengacara, sebagai salah satu Corporate Law Firm terbesar di Indonesia (Big20), yang juga sebagai Equity Partner pada salah satu institusi Business Consulting terbesar didunia – Deloitte South East Asia (Big4):

“ Berbeda dengan ketua IKA Unpad sebelumnya yang kerap diduduki oleh para birokrat, setelah menjabat sering lebih banyak disibukkan oleh profesi utamanya. Ini terkadang, cukup menyulitkan untuk mengolah aspirasi ribuan alumni yang amat dinamis. Kalau Teh Ira yang non birokrat dengan pengalaman segudang bermitra selama ini dengan para birokrat di level nasional, maupun internasional, patutlah jadi pertimbangan utama,” jelas alumni Unpad bernama Alfi.

Melengkapi sejumlah testimoni di atas, penulis kembali mengkonfirmasi atas beberapa tuntutan dari para calon pencoblosnya pada 4 April 2020, kembali Teh Ira konsisten bertekad menjadikan Unpad masuk menjadi salah satu universitas yang memiliki segudang reputasi internasional, seperti yang ditargetkan oleh ‘srikandi’ pertama’ Rektor Unpad Rina Indiastuti (2019 -2024):

“ Komitmen untuk berkonsentrasi penuh pada intensitas kinerja IKA Unpad yang lebih membumi dan konsisten, bagi saya dan tim kelak merupakan harga mati. Harus konsisten tak bisa ditawar, kepentingan alumni Unpad menjadi prioritas,” pungkasnya yang tak mungkin menjadi ‘srikandi pertama’ di ranah Ketum IKA Unpad. (Harri Safiari)