Raker GANN DKI Bahas Pemahaman & Penyuluhan Di Lingkup Pendidikan

JayantaraNews.com, Jakarta

GANN (Generasi Anti Narkoba Nasional) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis massa GANN, yang lahir dan berangkat dari keprihatinan dan rasa sayang orangtua terhadap anak, dimana setiap orangtua pasti menginginkan anaknya sukses di kemudian hari.

Namun dengan fenomena yang ada sekarang ini di Indonesia yang sudah dinyatakan darurat Narkoba, maka mustahil akan terwujud semua cita-citanya.

Tujuan GANN adalah berusaha membantu program pemerintah dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), minimal di lingkungan terdekat kita agar generasi penerus kita yang merupakan anak cucu kita bisa menjadi generasi emas, generasi yang bebas dari Narkoba.

Tugas pokok GANN adalah memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada siswa siswi SMP, SMA dan lain-lainnya agar mengetahui bahaya dari pada penggunaan Narkoba sejak dini.

Pada hari Sabtu, 14/3/2020, GANN DKI Jakarta sedang membahas program kerja tahun 2020, tepatnya di Kampus UKI, Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh Ketua GANN DKI Muhamad Rosyidin, Dewan Pembina Gunarko, Sekjen Saiful Anwar, serta segenap pengurus DPD GANN DKI Jakarta.

Muhammad Rosyid berharap, GANN DKI lebih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu organisasi anti Narkoba yang akan ikut berkontribusi dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di DKI Jakarta.

Ia melanjutkan, GANN bisa ikut serta dalam menurunkan peredaran maupun penyalahgunaan Narkotika di DKI
Jakarta. ” Jakarta hari ini, sudah darurat Narkoba. Data yang dirilis BNN menyebutkan, pengguna Narkoba mayoritas anak-anak sekolah,” tegasnya.

GANN dalam program kerjanya  akan mengadakan penyuluhan Narkoba yang akan menyasar pelajar dari sekolah dasar, sekolah menengah dan sampai mahasiswa. Dengan memberikan pemahaman bahaya Narkoba terhadap mereka diharapkan mereka bisa terhindar dari Narkoba. Selain itu, bila pengguna Narkoba berkurang, maka tingkat penyalahgunaan Narkoba di DKI Jakarta akan turun.

Sementara itu, Pembina GANN DKI Jakarta Gunarko, yang juga pernah menggunakan Narkoba dan sempat direhab menjelaskan, pengaruh Narkoba sangat tidak baik buat diri sendiri, keluarga dan teman-teman. Untuk itu ia bertobat dan sampai hari ini terbebas dari Narkoba.

Sekjen GANN DKI Saiful Anwar mengatakan, sebuah organisasi harus memiliki program kerja termasuk GANN. Program kerja itu untuk menentukan apa yang harus dilakukan GANN ke depan tentu yang berkaitan dengan Narkoba.

Salah satu program kerja yang diusulkan adalah “penyuluhan”. Penyuluhan ini nanti akan dirumuskan menjadi program kerja GANN yang detail dan transparan serta realistis dan logis. Program kerja ini nanti akan ikut dilampir dalam pendaftaran GANN di Kesbangpol. (sm)