Kades Darek Tutup Pasar Tradisional & Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Rumah Warga

JayantaraNews.com, Loteng

Menindaklanjuti surat edaran, baik dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, hari ini Jumat (27/3/2020), Pemerintah Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah NTB, mengambil langkah antisipasi pencegahan Virus Corona. 

Hal ini dilakukan atas inisiatif dan kebijakan pemerintah desa bekerjasama dengan pemerintah kecamatan, juga masyarakat wilayah Desa Darek dan sekitarnya.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah menutup “Pasar Jumat”, yang merupakan pasar mingguan Desa Darek, sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Desa Darek HM Ismail Sahabudin, S.IP mengatakan, bahwa penutupan Pasar Jumat merupakan langkah yang dianggap tepat untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Selain itu, pemerintah desa juga melakukan langkah-langkah lain demi menyelamatkan banyak nyawa.

” Penutupan pasar dilakukan sebagai langkah yang kami anggap tepat. Disamping itu, kami juga melakukan penyemprotan di semua wilayah dusun se Desa Darek, dan kami akan terus berupaya melakukan tindakan-tindakan lain,” terang Makil, sapaan akrab Kades Darek.

Kebijakan Pemerintah Desa Darek ini juga sangat diapresiasi dan mendapat respon positif dari masyarakat serta semua kepala kewilayahan.

Hal demikian disampaikan Kepala Kewilayahan (Kawil) Jempong, Junaidi, yang akrab disapa Ojah, saat menemani warga Dusun Jempong melakukan penyemprotan.

” Kali ini kebijakan pemeritah desa sangat tepat. Saya selaku Kawil dan atas nama masyarakat sangat mendukung tindakan Kepala Desa Darek. Karena ini jelas bukan hanya buat pribadi, tapi untuk keselamatan orang banyak,” ujar Ojah. (Nu JN)