Lawan Virus Corona, DKR Desak Pemkot Depok Segera Lakukan Rapid Test Massal

JayantaraNews.com, Depok

Pemerintah Kota Depok diharapkan mengadakan rapid test terhadap seluruh wartawan dan aparat RT/RW serta warga masyarakat.

Ucapan tersebut disampaikan Roy Pangharapan, selaku Ketua DKR Kota Depok kepada awak media, Selasa (7/4/2020).

Hal mendesak yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok adalah melakukan rapid test kepada seluruh wartawan dan pengurus RT/RW serta seluruh warga masyarakat luas agar segera diketahui berapa jumlah yang terpapar Virus Corona, pinta Roy Pangharapan.

Rapid test dapat dilakukan Pemerintah Kota Depok dengan bertahap satu persatu, tidak harus berkumpul ramai-ramai, dan dilaksanakan setiap hari, tandas Roy.

Soal logistik dan anggaran, Roy menjelaskan, Pemkot Depok sudah ada anggaran dan logistik beserta petugasnya, karena dilakukannya rapid test tersebut adalah untuk memudahkan pencegahan, maka seluruh masyarakat harus di rapid test dimulai dari para pengurus RT dan RW di Kota Depok, terangnya.

Menurut Roy, dilakukannya rapid test, agar Pemerintah Kota Depok cepat mengetahui dan tentu segera mengambil langkah yang diperlukan, dalam usaha pencegahan penyebaran Virus Corona. ” Kata kuncinya adalah rapid test massal,” ulasnya.

Seperti diketahui, bahwa pada hari Senin, 6 April 2020, pihak Pemerintah Kota Depok telah memfasilitasi beberapa wartawan telah di rapid test.

Hal ini tentu disambut baik agar tak menularkan virus yang selama ini dikhawatirkan, sebagai usaha pencegahan Virus Corona, mengingat tak terhindarkan para pencari berita untuk tetap beraktivitas. Semoga hasilnya negatif semua, beber Roy.

Dirinya berharap, Pemerintah Kota Depok harus all out dalam usaha pencegahan penyebaran Virus Corona ini, dengan kita bisa mendeteksi serta mengetahui berapa jumlah dan dimana saja penyebaran Birus Corona ini tersebar, tentu makin baik untuk dilakukan usaha pencegahan penyebaran Virus Corona secara komprehensif, dan jangan setengah hati melawan Virus Corona, tuturnya.

Sementara, Cristanto dari Relawan Kemanusiaan “LSM Sahabat Siap Selamat” menambahkan, kami siap mendukung pemerintah untuk membantu pencegahan penyebaran Virus Corona, katanya.

Seperti yang telah kami lakukan, yaitu penyemprotan cairan disinfektan door to door ke rumah warga di Cipayung, kata Crist.

Selain itu, kami juga akan membagikan masker kepada sopir angkot, pedagang kaki lima (PKL) dan warga masyarakat.

Crist yang didampingi Reza juga berkomitnen akan terus melakukan aksi giat sosial upaya pencegahan wabah Virus Corona. ” Yang kami lakukan dengan aksi sosial ini adalah turun ke lapangan, bantu warga masyarakat,” imbuhnya.

Crist juga berharap, warga masyarakat tetap waspada,” turuti imbauan pemerintah dengan petunjuk petunjuknya yang bermaanfaat untuk diri kita, agar terhindar dari Virus Corona,” tutupnya. (Yuni)