Figur Kades Sukamulya: Reaktif, Lugas & Inovatif Antisipasi Pandemi Covid-19

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Saat ini semua perangkat desa  di seluruh Kabupaten Bandung yang dikomandoi oleh para Kades dituntut untuk cepat tanggap terhadap kegiatan penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Tak terkecuali dengan yang dilakukan oleh Pemdes Sukamulya, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang dipimpin oleh Deni Sugandi (Kades).

Ada yang menarik dari sekian liputan dari beberapa desa, terkait kegiatan penanggulangan penyebaran Covid-19. Rata-rata pihak desa mengatakan kendala biaya, seolah-olah pasrah hanya menunggu anggaran dari pemerintah turun. Kalau ada kegiatan, itupun terbatas.

Hal berbeda dilakukan oleh Kades Sukamulya, yakni dengan berani berinovatif mensiasati anggaran yang belum turun. Ini terlihat oleh awak media yang beberapa kali melakukan liputan di desa tersebut.

” Wah, kalau menunggu dana pemerintah, kasihan warga saya yang sangat membutuhkan penyemprotan disinfektan dan masker. Apalagi di tengah-tengah masifnya penyebaran wabah Covid-19 ini,” ungkapnya.

” Memang hidup mati di tangan Tuhan, tapi kita juga harus berikhtiar, apalagi saya sebagai Kades yang mengemban amanah warga, sudah tentu saya harus jadi garda terdepan menjamin kesehatan dan kesalamatan warga saya,” lanjut Deni Sugandi.

” Yang penting sudah jelas aturan penggunaan dananya. Maka saya pribadi tidak ragu untuk mencari sementara sumber pembiayaan sendiri (dana talang-red).”

Ketika awak media diajak ke gudang, terlihat beberapa alat penyemprotan dalam kondisi masih baru dan tumpukan ratusan lusin masker.

Jurnalis hanya bisa berharap, langkah Kades Sukamulya bisa diikuti oleh Kades-Kades lain yang Reaktif, Lugas dan Inovatif dalam penanggulangan wabah Covid-19 di wilayah masing-masing, sehingga tidak timbul opini menganggap enteng dan remeh kesehatan masyarakat ditengah-tengah musibah saat ini. (Budi)