Prihatin Melihat Masyarakat, 101 Ribu KK Di Pangandaran Segera Dapat Bantuan

JayantaraNews.com, Pangandaran

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, pada Senin (20/4) siang, secara simbolis menyerahkan bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) penanggulangan Covid-19 untuk 101 ribu kepala keluarga (KK) yang tidak mendapatkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan Pemprov Jabar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, dihadiri Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD), Camat, Ketua TP PKK dan salah seorang Anggota DPRD Pangandaran.

“ Saya mohon maaf, bantuan dari Pemkab Pangandaran baru bisa disalurkan hari ini, karena harus melakukan sinkronisasi data, menyiapkan warung penyalur dan sebagainya,” ucapnya.

Jeje menambahkan, ada 101 ribu KK yang mendapat bantuan dari Pemda Pangandaran. Meski begitu, pemerintah memastikan warga yang tidak masuk program bantuan seperti PKH, BPNT, dan dari Pemprov Jabar akan dibantu oleh Pemkab Pangandaran.

“ Pokoknya jika dari data 101 ribu KK tersebut, ternyata masih ada yang belum kebagian, tolong data lagi dan berikan jika memang berhak,” tuturnya.

Bantuan tersebut, lanjut Jeje, adalah sebesar Rp 150.000 di kemas dalam bentuk voucher dan bisa ditukar di warung yang sudah ditunjuk oleh Pemda Pangandaran dan tersebar di 93 desa.

“ Bantuan sebesar Rp 150.000 rinciannya adalah; Rp 100.000 untuk 10 Kg beras dan Rp 50.000 untuk sembako lainnya,” paparnya.

Jeje menegaskan, pihaknya juga sudah menyetorkan data ke Pemprov Jabar, namun ternyata belum turun juga.

“ Maklum saja, karena yang Pemprov urus bukan cuma Kabupaten Pangandaran saja, jadi wajar saja kalau ada keterlambatan,” ringkasnya. (Red)