KPH Sukabumi Serahkan Santunan Kepada Keluarga Almarhum Mitra Kerja Perhutani

JayantaraNews.com, Sukabumi 

Perum Perhutani yang bergerak di badang pengelolaan hutan KPH Sukabumi dibawah kepemimpinan ADM (administratur) Agus Yulianto, merasa peduli dan bertanggungjawab kepada mitra kerja Perhutani yang telah meninggal, dan telah mengabdikan dirinya di bidang sadapan getah pinus.

Hal itu dibuktikan dari Perum Perhutani dengan menyerahkan APD (alat pelindung diri) berupa masker terhadap jajaran karyawan dan mitra kerja di seluruh KPH Sukabumi, di tengah pandemi Covid-19.

” Kami merasa peduli dan bertanggungjawab terhadap mitra sebagai garda terdepan Perum Perhutani. Apalagi mereka itu adalah para penyadap yang sudah lama mengabdikan diri. Kami ucapkan terima kasih kepada almarhum Henda yang telah mengabdikan dirinya sekitar 5 tahunan. Mungkin nilainya tak seberapa dibanding jasa almarhum, hanya kisaran Rp 16 juta. Semoga bisa bermanfaat bagi keluarga almarhum,” katanya.

” Perlu kami sampaikan, bahwa semua mitra Perhutani Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja (TKLHK) itu, kami asuransikan melalui Asuransi Jiwa Amanah Githa. Kami bekerjasama sudah hampir 10 tahunan,” imbuhnya.

Di sisi lain, keluarga almarhum Usep (64), yang bekerja sebagai penyadap di TPG Cigana RPH Nangka Tepus Asper BKPH Bojonglopang membeberkan perihal almarhum yang bekerja sebagai penyadap sudah hampir 6 tahunan, dan kini pekerjaan almarhum tersebut diteruskan oleh anaknya (Iwan).

Sementara Pian (44), yang sudah menjadi penyadap cukup lama mengatakan, bahwa dirinya mampu menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anaknyanya hingga menginjak dewasa dan sudah menikah. ” Kini tinggal anak saya yang kecil, Dasuki (12), yang duduk di bangku SD,” ujarnya.

” Kami jadi penyadap getah banyak sukanya. Bagi kami, penghasilan Rp 100 ribu per hari, sudah cukup, Pak,” ucapnya.

Senada disampaikan Iis (42), istri almarhum Henda, yang merasa bangga dan terharu atas kepedulian dari Perum Perhutani. ” Kami mengucapkan banyak terima kasih teramat banyak. Di tengah maraknya wabah Corona, namun Perhutani masih memperhatikan nasib kami sebagai mitra,” ujarnya.

Acara penyerahan santunan dilaksanakan di BKPH Bojonglopang berlangsung hidmat. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Administratur wilayah timur KPH Sukabumi (Suwandi, S.Hut), Kepala Subseksi PHBM (Taufik Mulya Hidayat, KSS) dan jajaran lain; Asper BKPH Bojonglopang (Nanang Hermansyah), dan para staf, yakni Sri Suharti dan Damayanti. (Pid)