Desa Cisaga Ciamis Siap Melaksanakan PSBB

Enip, Kepala Desa Cisaga

JayantaraNews.com, Ciamis

“Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, siap melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).” Hal tersebut disampaikan Enip, selaku Kepala Desa Cisaga, saat ditemui JayantaraNews.com, di ruang kerjanya, Selasa (5/5).

Enip mengatakan, “Persiapan demi persiapan sudah dilakukan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19.”

“Terkait bantuan kepada masyarakat, kata Enip, Pemerintah Desa Cisaga mengalokasikan anggaran dari kegiatan-kegiatan BUMDes yang diperuntukkan bantuan langsung tunai.”
 
Menyikapi hal tersebut, ini menunjukkan, bahwa adanya kesiapan Desa Cisaga dalam melaksanakan PSBB serentak se-Jawa Barat sebagai program pemerintah pusat guna memutus penyebaran Covid-19. “Paling utama, lanjut Enip, pasca Covid-19 ini berlalu, kita mesti pikirkan juga dampak perekonomian masyarakat. Karena tidak bisa kita bayangkan, andaikan dampak ekonomi akibat Covid-19 ini berkelanjutan pasca PSBB. Kalau PSBB cuman 14 hari, mungkin masih bisa kita bantu, yakni dengan adanya bantuan-bantuan dari provinsi (Banprov), Kemensos, juga dari APBD dan Dana Desa (DD). Tapi justru yang saya khawatirkan, pasca nya ini,” ucapnya.

” Maka dari itu, kita selaku aparatur desa sebagai ujung tombak dari pemerintahan, harus juga merencanakan kegiatan-kegiatan yang sekiranya bisa membantu dan memulihkan perekonomian masyarakatnya,” tutur Enip.
  
Menurutnya, unsur media juga sebagai Pilar Bangsa ke-4 setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, harus bisa membantu program pemerintah kaitannya dengan PSBB ini, yakni untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya terkait penyebaran Covid-19, agar semuanya berkesinambungan. Sehingga program PSBB ini bisa berjalan dengan maksimal, sesuai dengan apa yang kita harapkan. ” Semoga Covid-19 ini segera berlalu, agar penderitaan rakyat tidak berkepanjangan, dan masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala,” pungkas Enip, Kades Cisaga. (Dani)