Curah Hujan Yang Deras, 2 Desa Di Ketapang Lamsel Terendam Banjir

JayantaraNews.com, Lampung Selatan

Belum lagi hilang wabah Virus Corona atau Covid-19, warga Desa Ruguk dan Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, tertimpa musibah banjir.

Banjir yang merendam pemukiman warga yang ada di dua desa tersebut, diakibatkan derasnya curah hujan yang tiada henti pada beberapa hari belakangan ini, sehingga membuat rumah dan sawah warga terendam air, Kamis, 7/5/2020.

Saat dikonfirmasi JayantaraNews.com, Kepala Desa Ruguk mengatakan, “Ini kejadian memprihatinkan yang menimpa desanya di tahun 2020. Curah hujan yang cukup deras membuat beberapa dusun yang ada di Desa Ruguk terendam air,” ucapnya.

“Bukan itu saja, banjir juga merendam rumah warga yang ada di masing-masing dusun tersebut. Selain itu, banjir juga merendam sawah warga yang sudah siap panen. Ada enam dusun yang terdampak banjir di Desa Ruguk ini,” katanya.

Dusun yang terdampak, yakni Dusun Ruguk Induk, Dusun Sumber Mulia, Dusun Mekar Jaya, Dusun Cilacap, Dusun Pandu Mulia, dan Dusun Sribasuki. Namun dusun terparah adalah Dusun Sribasuki. Selain merendam pemukiman warga, banjir juga membuat aspal yang ada di dusun tersebut terkelupas,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, hal senada dikatakan Kepala Desa Sumur, Inyoman Prima Wijaya, bahwa beberapa dusun di wilayah Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, terendam banjir dan merusak beberapa fasilitas umum,” ucapnya.

“Aspal yang terkelupas akibat terjangan air ada di Dusun Yogaloka, jembatan yang ambrol karena deras debit air di Dusun Sumber Mulia. Di Dusun Sumur Induk hanya rumah yang terendam, sementara di Dusun Bakau Keramat, ada gorong-gorong yang ada di jalan lintas timur ikut ambrol diterjang air banjir,” ungkapnya.

Disampaikan juga, bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, dan keesokan harinya Camat Ketapang Madro’i serta UPT PUPR langsung tinjau dua desa yang terdampak banjir tersebut,” tutupnya. (Jupri)