Polres Tanah Datar Upayakan Peningkatan Pengawasan Sebelum & Sesudah Idul Fitri 1441 H

JayantaraNews.com, Tanah Datar

Polres Tanah Datar, Sumatera Barat, segera mengupayakan peningkatan pengawasan sebelum Idul Fitri dan sesudah Idul Fitri 1441 Hijriyah, Sabtu (23/5/2020).

Situasi kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19) pada saat ini yang masih menghantui masyarakat diseluruh Indonesia dan angka pasien yang masih terus bertambah, membuat pemerintah memberikan imbauan agar salat Idul Fitri dapat dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini sudah dibarengi dengan keluarnya Fatwa MUI Momor 28 Tahun 2020, yang mengimbau agar salat Ied dilaksanakan di rumah masing-masing guna mencegah penularan Virus Corona (Covid-19) di Tanah Datar.

Menurut Kapolres Tanah Datar, AKBP Rochmad Hari Purnomo, SIK menuturkan, dengan keluarnya Fatwa MUI ini, kami Polres di Tanah Datar menyiagakan 1 Tim berjumlah sekitar 50 personil setiap harinya. Nanti Tim ini akan memberikan imbauan kepada masyarakat agar pelaksaan Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing,” katanya.
 
Pandemi saat Idul Fitri, Tim juga melakukan patroli untuk mencegah tidak terjadinya kegiatan kerumunan massa yang menyebabkan berkembangnya wabah Virus Corona (Covid-19),” ulas Kapolres.

“Walaupun pandemi masih belum berakhir, ini tidak mengurangi semarak dalam menyambut Idul Fitri. MUI juga mengimbau agar tetap serukan lafal Takbir, Tahmid dan Tahlil saat perayaan Idul Fitri sebagai tanda syukur dan sekaligus doa agar wabah Virus Corona (Covid-19) segera diangkat oleh Allah SWT.

Kegiatan takbir dilakukan di rumah saja, di Masjid dilakukan oleh pengurus takmir dengan menggunakan pengeras suara dan media digital lainnya, seperti; TV, Radio, media sosial dan sebagainya. Untuk pelaksanaan takbir di jalanan hanya diperbolehkan oleh petugas maksimal 5 orang.

Seterusnya, Polres Tanah Datar juga telah mendirikan 2 unit Pos Operasi Ketupat dan 6 Pos Perbatasan yang siap sedia 24 jam dalam mengawasi kegiatan masyarakat seperti kegiatan mudik. Polres Tanah Datar akan meningkatkan pengawasan saat malam takbiran guna cegah datangnya pemudik-pemudik yang nakal. Tak hanya pemudik, masyarakat yang masih berkerumunan dengan kegiatan yang tidak bermanfaat akan dibubarkan.

“Kita sudah menyiapkan personil dalam menyambut sebelum dan sesudah Idul Fitri. Personil yang kita siagakan ini bertujuan untuk mengimbau dan mengingatkan masyarakat.”

Kita selalu berdo’a kepada Allah SWT dan berusaha untuk bersama cegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Dengan selalu berdoa kepadanya semoga wabah ini cepat berakhir dan diangkat oleh Allah kembali,” tutup Kapolres. (ZH)