Camat Alas Sumbawa: Virus Corona Zona Alas Cukup Terkendali

JAYANTARA NEWS, Sumbawa 

Penyebaran virus (Covid-19) di Kecamatan Alas, hingga saat ini cukup terkendali.

Kondisi ini tercermin dari hasil penanganan beberapa kasus, yakni hasil dua kali swab terhadap keluarga inti positif Covid-19, dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah, data yang kami terima dari Dinas Kesehatan Kabupaten, tanggal 30 Mei tentang hasil swab kedua, terhadap sepuluh orang keluarga inti positif Covid-19 di Desa Dalam dan Desa Kalimango seluruhnya negatif Corona,” ujar HM. Lutfi Makki, M.Si, Camat Alas saat dikonfirmasi JAYANTARA NEWS, Rabu (3/6).

Selanjutnya ia mengungkapkan juga menyusul kabar baik tersebut, hasil rapid test terhadap tenaga kesehatan dan pejabat yang berkecimpung langsung dalam penanganan Covid-19 serta Pekerja Migran Indonesia (PMI) menunjukkan hasil tracking dari positif Virus Corona juga, diketahui seluruhnya menunjukkan hasil non-reaktif, ungkap mantan Kabag Humas Pemda Sumbawa tersebut.

Kemudian, pada hari Ahad lalu, (31/5), Tim Covid-19 Puskesmas Kecamatan Alas telah melakukan Rapid Test (RDT) terhadap 24 orang, antara lain tenaga kesehatan 10 orang. Hasil tracking dengan positif Corona 11 orang, Pekerja Migran Indonesia (PMI) 1 orang, ditambah Camat dan Danramil. “Alhamdulillah, total 24 orang, hasilnya non-reaktif,” paparnya.

Kendati demikian, meskipun penanganan Virus Corona tersebut di Kecamatan Alas telah mengalami kemajuan, masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin, baik, dan ketat, ucapnya.

“Tetap pakai masker setiap keluar rumah, cuci tangan pakai sabun setiap keluar dan kembali masuk rumah, social distancing, phsycal distancing atau tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, serta tetap berdoa dan tawakkal kepada Allah SWT,” ajak Lutfi.

Oleh karena itu, dalam penanganan Covid-19 ini, kami tetap berkoordinasi dengan tim kesehatan, aparat keamanan, pemerintah desa, serta para relawan dan tokoh masyarakat, tutupnya. (dhy JN)