Kapolda NTB Apresiasi Polres Sumbawa Barat, Launching Aplikasi “Jaga Sumbawa Barat”

JAYANTARA NEWS, Sumbawa Barat

Polres Sumbawa Barat Launching Aplikasi “Jaga Sumbawa Barat” mendapat Pujian Polda NTB, saat silaturahim Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH bersama Gubernur dan Kejati NTB di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Jumat siang (5/6/2020).

Inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Polres kepada masyarakat Sumbawa Barat ini mendapat pujian dari Polda NTB.

“Ini sangat luar biasa, dengan adanya aplikasi berbasis android ini masyarakat akan benar-benar merasakan kehadiran Polisi,” ucapnya.

Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa terbantu untuk mendapat pelayanan dari Kepolisian, karena berbasis android sehingga dapat diakses dimana saja. Khususnya terkait pertolongan serta memberikan perlindungan dan memberikan tanggapan yang cepat oleh anggota Polres kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat memperoleh pelayanan dimanapun berada hanya bermodal android dan menginstal aplikasinya di Play Store,” jelas Kapolres melalui PS Paur Subbag Humas Bripka Mayadi Iskandar.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, diantaranya pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), permintaan surat izin keramaian, bantuan Kepolisian yang bersifat emergency, dan laporan ke Polisi.

“Dengan demikian, warga dapat melaporkan, baik itu laporan gangguan Kamtibmas atau bencana alam melalui aplikasi tersebut,” jelasnya.

Selain launching aplikasi, Kapolda bersama rombongan juga ikut dalam peletakan batu pertama pembangunan gedung pelayanan dan command center.

Gedung yang rencananya akan dibangun dua susun tersebut, akan berisi ruang tunggu pelayanan SKCK, ruang SPKT, ruang kehilangan, ruang sidik jari, ruang pelayanan dan tempat bermain anak.

Di lantai dua gedung yang ditargetkan rampung akhir 2020 tersebut akan diperuntukkan sebagai ruang rapat dan command center. (Gaf JN)