Desa Sermong Taliwang KSB Salurkan BLT-DD Tahap III

JAYANTARA NEWS, Sumbawa Barat

Pemerintah Desa Sermong salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap III di Aula Kantor Desa Sermong, Kecamatan Taliwang KSB, Kamis, (11/6/2020).

Dalam acara yang mengikuti protokol kesehatan Covid-19 tersebut, dihadiri oleh Kabid Pemdes Sumbawa Barat, Tenaga Ahli P3MD Sumbawa Barat, Pendamping Desa, Danramil Taliwang yang diwakili calon Babinsa Desa Sermong, Babinkamtibmas, beserta seluruh calon Penerima BLT DD tahap III.

Dalam sambutan Kabid Pemdes DPMD Sumbawa Barat, Riski Saputra, S.Pt, mengapresiasi Pemdes Sermong, karena satu-satunya desa yang sudah menyalurkan BLT DD tahap III.
“Saya mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Sermong, karena satu-satunya desa di Kabupaten Sumbawa Barat, karena sudah sampai menyalurkan tahap III.”

Dari semua desa yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat baru selesai menyelesaikan SPJ tahap pertama, karena bantuan ini baru bisa disalurkan setelah peng-SPJ an tahap sebelumnya telah rampung. Kemudian secara menyeluruh semua desa baru sampai menyalurkan BLT DD tahap II.

Kemudian yang menjadi PR untuk pemerintah desa hari ini yang sudah menyalurkan tahap III, yakni lanjutan bantuan serupa melalui Peraturan Menteri Keuangan.

“Biarpun sudah keluar PMK nomor 50, kita di Kabupaten Sumbawa Barat masih menunggu lanjutan dari Pemda berupa Perbup,” ulasnya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sermong, Rosidi, S.Sos mengatakan, bahwa masyarakat yang mendapat bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) itu, adalah masyarakat prekonomiannya terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Sebanyak 77 KK berhak mendapat bantuan, ini sudah dipastikan tidak mendapat bantuan sosial lainnya,” ungkapnya.

Dari 334 KK yang ada di Desa Sermong ada 77 KK yang berhak menerima BLT-DD, jumlah KK penerima dari tahap pertama sampai tahap ke-III tidak ada perubahan

“Dalam proses penyaluran kali ini, nominal yang didapat per-KK adalah Rp600.000,00 untuk bulan Juni,” jelasnya.

Kemudian ia berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mau ikut bekerjasama dalam hal memutus rantai penularan Virus Corona, dan sudah mau mensukseskan program New Normal yang diterapkan Pemdes Sermong, yakni dengan cara hadir sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sermong yang sudah sadar dan mau bekerjasama dengan pemerintah, yakni dengan hadir hari ini menggunakan masker dan tetap menjaga jarak,” tutupnya. (Gaff JN)