Pemerintahan Nagari Jawi Jawi bagikan BLT DD Tahap II & III

JAYANTARA NEWS, Kab. Solok

Dalam rangka membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar keluarga, dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Nagari Jawi Jawi Kec. Gunung Talang, Kab. Solok, Sumatera Barat, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap II dan Tahap III, Juni 2020.

Penyerahan BLT secara langsung dilakukan di kantor jorong setempat oleh Wali Nagari Jawi Jawi (Laswir), dan juga perangkat nagari lainnya.

Wali Nagari Jawi Jawi menyampaikan, “Tujuan dari program pemberian BLT DD tersebut, adalah membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan dasar saat pandemi Covid-19,” terangnya.

Laswir berharap, mudah-mudahan melalui BLT DD ini dapat mengurangi beban masyarakat. Sebab, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang secara ekonomi mengalami dampak yang signifikan, sehingga butuh adanya terobosan dan kebijakan seperti pemberian bantuan dana BLT ini, jelasnya.

Kemudian wali nagari juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan BLT ini dengan sebaik-baiknya. “Silahkan belanja kebutuhan-kebutuhan dasar, dan jangan sampai bantuan ini disalahgunakan. Sehingga, apa yang menjadi target pemerintah tidak tercapai. BLT DD ini sudah diberikan selama tiga bulan, dihitung semenjak bulan April, Mei dan Juni 2020.”

Wali Nagari Jawi Jawi menjelaskan, bahwa BLT yang dikucurkan adalah salah satu kebijakan pemerintah dalam menangani dampak Covid-19, dan masih banyak lagi bantuan-bantuan lain. “Kami berharap, masyarakat untuk tidak heboh terkait data calon penerima bantuan ini. Semua sudah melalui pendataan dan musyawarah di tingkat nagari. Intinya, calon penerima tidak boleh ganda dalam menerima bantuan-bantuan ini, dan masyarakat juga harus paham sumber bantuan ini berasal dari Dana Desa.”

Laswir menjelaskan, bahwa hari ini masyarakat sudah wajib sadar akan bahaya Covid-19. Tidak ada lagi masyarakat yang cuek dan tidak mau lagi mematuhi imbauan pemerintah, seperti imbauan untuk selalu menjaga pola hidup bersih, pola makanan bergizi, mengurangi kerumunan orang banyak dan membudayakan keluar dari rumah selalu memakai masker, tegasnya. (Aji)