Kapolres Bukittinggi Pimpin Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan Nusantara

JAYANTARA NEWS, Bukittinggi

Pengelolaan sistem pertanian secara lokal yang dikembangkan oleh masyarakat adat, dan juga masyarakat lokal berdasarkan kearifan lokalnya, praktik yang terbaik dan pasokan benih dari lokal, pada saat ini telah mampu memastikan ketahanan pangan dan mampu menjaga kesuburan tanah. Cara ini perlu bimbingan dan disupport oleh para stakeholder agar ketahanan pangan dapat dipertahankan oleh masyarakat saat ini.

Pada Kamis (9/7/2020), Polres Bukittinggi bersama Kodim 0304/Agam tergabung masyarakat Jorong Aur Nagari Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat melaksanakan Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan Nusantara.

Panen raya ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, SIK, MH, Wakapolres Bukittinggi Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, SIK, bersama Dandim 0304/Agam Letkol Inf. Viktor Andika Tjokro, S.IP yang diwakili oleh Danramil 07 Tilatang Kamang Kapten Arh. Suherman, Kabag Ops Polres Bukittinggi Partahian Pane S.Sos, Kabag Ren Eko Sulistiyo, SH, Kasat Binmas Polres Bukittinggi AKP Reddy Triananto, SH, MH, Kasat Resnarkoba Polres Bukittinggi AKP Alexi Ubaidillah, SH, Kasat Reskrim Chairul Amri Nasution, SIK, Kasat Intelkam AKP Boby Sandra, SH, Kasubbag Humas Bag Ops Polres Bukittinggi AKP R.H.Sitinjak, SH, Kapolsek Tilatang Kamang AKP H. Lirman, SH, Camat Tilatang Kamang Ade Harlien, S.STP, M.Si, Kapolsek se-Jajaran Polres Bukittinggi, KBO Sat Lantas Polres Bukittinggi Iptu Romy Hendra K, SH, MH, Kanit Regident Sat Lantas Polres Bukittinggi Ipda Ishar LP Siregar, S.Tr.k, Walinagari Koto Tangah Amrizal Gunawan Dt.Maruhun, dan juga para tokoh masyarakat, para Perwira, Personil Polres Bukittinggi, dan personil Kodim 0304/Agam, Personil Polsek Tilatang Kamang, Bhabinkamtibmas Polsek Tilkam, dan Babhinsa dari Koramil 07 Tilatang Kamang, beserta Mahasiswa KKN dari IPB (Institut Pertanian Bogor), tamu undangan yang hadir pada saat itu.

Kegiatan panen raya Polres Bukittinggi dengan cara menyabit padi yang dilakukan secara serentak, bertempat di lokasi panen raya Padi di Jorong Aur  Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Pantauan di lapangan, terlihat Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, SIK, MH bersama dengan masyarakat memang panen bersama dengan cara melakukan penyabitan padi, setelah disabit kemudian dimasukkan yang sudah disabit ke mesin perontok padi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menstabilkan perekonomian masyarakat di masa pandemi wabah Virus Corona (Covid-19) yang dilaksanakan secara panen raya bersama. (ZuL)