Di Tengah Covid-19, Disnakeswan Sumbawa Gelontorkan Bantuan Ternak

JAYANTARA NEWS, Sumbawa

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinaskeswan), menyiapkan ratusan ekor ternak untuk ratusan kelompok petani ternak di Kabupaten Sumbawa. Saat ini, sedang dalam proses pemberkasan lelang.

Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (10/7) mengatakan, anggaran pengadaan puluhan ekor ternak tersebut berasal dari pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD setempat. Puluhan ekor ternak tersebut, kata dia, diperuntukkan bagi puluhan kelompok tani ternak di Kabupaten Sumbawa.

Lanjut Junaidi, adapun jenis ternak tersebut, pertama, Sapi Indukan sebanyak 75 ekor dengan harga satuan Rp10.800.000,00, total keseluruhan Rp810.000.000,00. Kedua, Sapi Bibit Betina sebanyak 445 ekor, harga satuan Rp6.900.000,00, total harga Rp3.070.500.000,00. Kemudian terakhir, Kambing Indukan sebanyak 189 ekor, harga satuan Rp2.000.000,00, total Rp378.000.000,00.

“Tiga paket ini nanti akan dilelang. Saat ini sedang proses persiapan tender. Untuk sapi sudah siap untuk tayang, kambing dalam proses pemberkasan. Sumber anggaran Pokir,” terangnya.

Lanjutnya, ternak tersebut diperuntukkan bagi 40 kelompok, dengan rincian 3 kelompok tersebar di Kecamatan Sumbawa mendapatkan Sapi Indukan, 27 kelompok tersebar di 14 kecamatan mendapatkan Sapi Bibit Betina, dan 10 kelompok tersebar di 6 kecamatan mendapat Kambing Indukan.

“Ini untuk kelompok masyarakat penerima sudah ada ditetapkan. Sebelum kelompok itu ditetapkan dengan SK kepala dinas, kita melakukan Seleksi Lokasi dan Petani. Sudah kami seleksi kemarin, sempat terkendala Corona, tapi sudah selesai,” jelasnya.

Ia berharap, proses tendernya bisa rampung pada bulan Juli mendatang. Sehingga bisa berkontrak dan segera terealisasi. Ia meminta semua pihak untuk bersama-sama mengawal segala prosesnya. “Kalau saya berharap lebih cepat lebih baik, dan bulan 7 ini sudah rampung proses tendernya, sehingga kita bisa berkontrak dan segera untuk direalisasikan. Saya mengajak semuanya untuk ikut mengawal dan mengawasinya,” pungkasnya. (JN-Red)