Pasangan M. Ingati Nazara-Otorius Harefa ‘INOTO’ Menangkan No. Urut 1

JayantaraNews.com, Nisut

Pasangan calon (Paslon) Bupati M. Ingati Nazara dan Wakil Bupati Otorius Harefa (INOTO), setelah mendapatkan No. Urut Satu dari proses Rapat Pleno tertutup pengundian nomor urut yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Nias Utara (Nisut) dalam pemilihan serentak 2020.

Dua pasangan calon kepala daerah yang ikut pada kontestasi Pilkada di Kabupaten Nias utara itu, telah memiliki nomor urut, di antaranya; nomor urut 1. pasangan M. Ingati Nazara – Otorius Harefa, sedangkan nomor urut 2 didapat pasangan Amizaro Waruwu – Yusman Zega.

Pengundian nomor urut pasangan calon digelar KPU Nias Utara pada Kamis (24/9), di Gereja Yubelium, disaksikan beberapa pihak terkait, yakni; unsur pimpinan daerah, Bawaslu Kabupaten Nias Utara, tim pengusung pasangan calon, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Kegiatan pengundian dilakukan di bawah penjagaan ketat aparat Kepolisian, TNI, terutama menyangkut protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Paslon “INOTO” menyampaikan, bahwa dengan memperoleh nomor urut satu dalam Pilkada Kabupaten Nias Utara, tentunya nomor urut satu lebih mudah diingat oleh masyarakat Nias Utara yang memiliki hak pilih untuk mencoblos Paslon INOTO. Sehingga nomor urut satu lebih mudah, dan mudah diingat masyarakat, katanya.

Pada deklarasi Paslon M. Ingati Nazara-Otorius Harefa (INOTO), menyampaikan 9 (sembilan) poin yang perlu digarisbawahi, yakni; Menjaga keutuhan NKRI, mentaati peraturan dan undang-undang, mengutamakan kepentingan nasional dari kepentingan pribadi dan golongan, menjaga situasi yang kondusif, saling menghormati hak dan kewajiban, menjaga ketertiban umum dan lingkungan, melaksanakan pemilihan yang demokratis dan bermartabat, serta mematuhi protokol penanganan kesehatan Covid-19.

Sesuai PKPU No.13 tentang aturan pemilihan di masa pandemi, menjadi dasar bagi KPU yang harus dipatuhi dalam Pasal 55. PKPU No.13 itu sudah diatur siapa saja yang boleh diundang dan batasan yang boleh hadir. Maka dalam pelaksanaan pengundian nomor urut, untuk Paslon kami hanya mengundang 10 orang termasuk Paslon itu sendiri, ujarnya.

Bersamaan dengan kegiatan pengundian nomor urut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dengan pasangan calon tentang kepatuhan dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, termasuk di masa kampanye selama 71 hari, dimulai 26 September hingga 5 Desember 2020.

Artinya, pada masa kampanye ada aturan yang harus dipatuhi Paslon, seperti jumlah peserta pada saat kampanye. Itu harus dipatuhi. “Saat masa kampanye, pasangan calon harus konsisten mematuhi protokol kesehatan, ini semua untuk menjaga kita agar terhindar dari ancaman bahaya Covid-19,” katanya. (N/Z)