DPT Pilkada Sumbawa Ditetapkan Sebanyak 337.145 Orang

JayantaraNews.com, Sumbawa Besar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa menetapkan Daftar Pemilih tetap (DPT) Pilkada tahun 2020 sebanyak 337.145 orang pemilih, dengan rincian 166.365 pemilih laki-laki, dan 170.780 pemilih perempuan tersebar di 1.010 TPS, 165 desa/kelurahan, dan 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara, hasil perbaikan dan penetapan pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020, hari Jumat (16/10), bertempat di Aula Hotel Sernu Raya Sumbawa Besar.

Rapat Pleno terbuka dihadiri oleh Tim Pemenangan Paslon, Bawaslu Kabupaten Sumbawa, dan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa M.Wildan, M,Pd., mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PPK yang telah bekerja keras, sehingga proses penetapan DPT berjalan lancar dari proses yang cukup panjang, sehingga ditetapkan DPT pada Pilkada Sumbawa sebanyak 337.145 orang pemilih.

Sebelumnya, dalam Daftar Pemilih Sementara ditetapkan sebanyak 337.665 pemilih, namun setelah melalui perbaikan, terjadi pengurangan pemilih sebanyak 520 orang.

“Pengurangan terjadi karena adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat, antara lain ada pemilih yang telah meninggal dunia, pemilih ganda antar desa dan kecamatan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan atau pindah domisili dari kabupaten lain, tetap dapat menggunakan Hak Pilihnya pada saat Hari Pemungutan Suara dengan membawa bukti seperti KTP elektronik, atau Surat Keterangan dari Dinas Dukcapil Sumbawa.

“Bisa dengan membawa bukti KTP elektronik, atau Suket di TPS berdasarkan alamat domisili,” katanya.

Mengenai Pengumuman DPT akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2020 mendatang, dan segera akan diperintahkan Kepada PPS melalui PPK untuk dapat menempelkan DPT, baik di Sekretariat PPS, maupun tempat-tempat strategis di desa atau kelurahan. (dhy JN)