Bupati Solok Berharap, ASN Netral & Suportif Pada Pilkada 2020

JayantaraNews.com, Kab. Solok

Pemkab Solok di bawah kepemimpinan Bupati Solok H. Gusmal, SE., MM., membacakan Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 nanti.

Bupati mengingatkan, ASN dilarang untuk mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap Pasangan Calon (Paslon) peserta Pemilu, sebelumnya, selama, dan sesudah masa Kampanye. “ASN harus Netral dan Suportif. Netralitas ASN dalam pesta demokrasi politik mutlak diperlukan, adalah untuk menghindari keberpihakan dan menjamin terselenggaranya Pemilu yang bermartabat,” ujarnya.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh ASN untuk menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah, dan ujaran yang bermuatan SARA.

Gusmal mengajak untuk mendukung dan mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, serta lebih mengedepankan kampanye yang diisi dengan narasi edukatif dan pendidikan politik. Ia mengakui sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan deklarasi netralitas ASN Kabupaten Solok dalam menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2020 nanti.

Terakhir Gusmal mengingatkan, “Jangan sampai ada ASN Kabupaten Solok yang secara sadar, ataupun tak sadar memberikan dukungan, sehingga melanggar Netralitas ASN,” terangnya.

Pembacaan Ikrar Netralitas ASN tersebut, selain dihadiri Bupati, diikuti pula oleh Sekda Kab. Solok Aswirman, Asisten, Staf Ahli Bupati, dan Forkopimda juga Camat se-Kab. Solok beserta Kepala SKPD yang hadir secara Virtual. (Aji)