Warga Sekemirung Cigadung Cikal Keluhkan Bangunan Bertingkat Yang Diduga Tak Berizin

JayantaraNews.com, Cibeunying Kaler

Bangunan 3 tingkat di seputaran Sekemirung, Kel. Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, setelah beberapa minggu dikerjakan, kini jadi gunjingan publik. Pasalnya, bangunan yang sudah sekitar 40 persen berjalan itu, dianggap tidak adanya koordinasi ke kepengurusan setempat, bahkan tidak adanya izin warga (IW) setempat.

Alih-alih, Umar, selaku Ketua RW wilayah setempat mengadukan segala kejanggalan terkait bangunan tersebut kepada JayantaraNews.com.

“Harusnya, kalau orang Sunda bilang: hade ku basa, goreng ku basa (baiknya sama bahasa, jeleknya juga sama bahasa, red),” ujar Umar, selaku Ketua RW wilayah setempat, saat ditemui JayantaraNews.com di aula Balai RW 09 Sekemirung Cigadung.

Ia menambahkan, “Layaknya, kalau toh koordinasi itu jangan melalui telepon lah,” ucapnya.

Di sisi lain, Ajang Abdul Rahman, selaku Sekretaris SUNDAWANI wilayah Kec. Cibeunying Kaler, yang mendapat aduan dari warga setempat, saat melakukan urun rembuk dengan kepengurusan setempat, berjanji akan segera menindaklanjuti apa yang dikeluhkan warga selama ini. “Kita akan lakukan mediasi dengan si pemilik lahan. Jangan sampai persoalan berlarut-larut,” katanya.

Disayangkan, Endang, si empunya bangunan, yang diketahui juga pemilik sebuah yayasan pendidikan (Cendikia) itu, dan konon katanya akan melakukan koordinasi dengan kepengurusan, namun hingga berita ini ditayangkan, ia belum juga melakukan koordinasi seperti apa yang diharapkan warga.

Rasdian Setiadi, selaku Kasat Pol PP Kota Bandung, dihubungi JayantaraNews.com melalui pesan whatsappnya mengatakan, “Terima kasih infonya Pak. Sebaiknya diadukan dulu ke Dinas Penataan Ruang (Distaru) terkait bangunan yang tidak berizin. Karena yang bersangkutan selaku Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) nya. Nanti saya sampaikan juga ke Bagian Pengaduan Satpol PP untuk ditindaklanjuti ke Distaru,” katanya, Minggu (22/11/2020)

Sementara itu, Agus Hidayat, selaku Plt Distaru Kota Bandung, dipertanyakan terkait Pengawasan Pengendalian (Wasdal) mengatakan, “Kita cek dulu yah, agar jelas informasi di tempatnya dan langkah-langkah kita,” sebutnya. (Han²)

Bersambung…!!!