Bripka Yusef Rusyana, Sosok Bhabin Cibeunying Cimenyan Yang Diapresiasi KaPolsek & Warga Binaannya

Foto: Bripka Yusef Rusyana, saat giat di Kel. Cibeunying, didamping KaPolsek Cimenyan, KomPol Sumi M, SH.

JayantaraNews.com, Cimenyan

Sebagaimana diketahui, bahwa peran Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), selain bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), namun juga sebagai pengemban fungsi Pemolisian Masyarakat (Polmas) di desa maupun kelurahan.

Salah satu fungsi dari Bhabinkamtibmas itu sendiri, selain melaksanakan kunjungan atau sambang ke masyarakat, tentunya membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum (Kadarkum) dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), mendorong pelaksanaan Siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat, memberikan pelayanan Kepolisian bagi masyarakat yang membutuhkan, menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, berkoordinasi dengan perangkat desa dan pihak terkait lainnya dalam upaya pembinaan Kamtibmas, selain melaksanakan konsultasi, mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.

Hal ini tidak bedanya dengan yang dilakukan oleh Bripka Yusef Rusyana, selaku Bhabinkamtibmas Kel. Cibeunying, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.

KaPolsek Cimenyan, KomPol Sumi M, SH., (kiri) bersama Bripka Yusef Rusyana (kanan)

Semenjak diangkat menjadi Bhabinkamtibmas di wilayah Kel. Cibeunying, Kec. Cimenyan, Bang Yusef, demikian panggilan akrabnya, kerap sekali membantu masyarakat. Bagi dirinya hampir tidak mengenal waktu. Mau pagi, siang, bahkan malam, andaikan masyarakat membutuhkan bantuannya, dirinya tidak segan-segan turun langsung ke lapangan. Bukan hanya persoalan pemahaman di bidang hukum saja, bahkan sampai ada warga yang mau melahirkan pun, dia mesti turun tangan. Sungguh kinerja yang patut diacungi jempol. “Luar biasa kinerjanya, Pak,” ujar salah satu warga Kel. Cibeunying, Kec. Cimenyan melalui JayantaraNews.com.

Apresiasi pun tidak hanya datang dari warga masyarakat binaannya. Bahkan KomPol Sumi M, SH., selaku Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Cimenyan sendiri pun salut atas kinerjanya.

Saat dihubungi JayantaraNews.com, perihal kinerja Anggotanya di wilayah binaannya, KomPol Sumi mengatakan, “Pak Yusef itu salah satu Bhabin yang rajin turun ke masyarakat dan dekat dengan masyarakat. Ia akan selalu hadir dan ada di tengah-tengah masyarakat, bila masyarakat membutuhkan. Saya sebagai pimpinan merasa terbantu dan bangga mempunyai Bhabinkamtibmas yang berdedikasi dengan pengabdian yang tinggi untuk masyarakat,” ucap KaPolsek, seraya menambahkan, “Itu salah satu Bhabin terpilih saya yang mewakili Cimenyan di tingkat Polres,” sebutnya.

Sudah saatnya, sosok-sosok Bhabinkamtibmas seperti ini yang perlu diapresiasi sekaligus diperhatikan oleh para Petinggi Polri.

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh sosok Bripka Yusef Rusyana bisa dijadikan acuan, sekaligus dijadikan contoh bagi Bhabinkamtibmas yang lain di wilayah Indonesia. Dengan harapan, agar interaksi dengan masyarakat akan semakin dekat, sehingga akan terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, adil, dan sejahtera.  Semoga…!!! (001)