Dianggap Melawan Hukum, Feri Rusdiono Ingatkan Jusuf Rizal & Sinuraya Tak Melantik DPW & DPC MOI

JayantaraNews.com, Jakarta

Feri Rusdiono, Anggota Dewan Pendiri Media Online Indonesia (MOI) yang juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) mengingatkan, agar mantan Ketua Harian DPP MOI Sinuraya Utamawan tidak melakukan pelantikan DPC dan DPW se-Indonesia.

Menurut Feri, bahwa perbuatan Sinuraya yang dianggap melawan hukum, sesuai dengan Keputusan Rapat Dewan Pendiri MOI yang disiarkan dalam Press Conference pada Jumat, 11/12/2020 lalu, maka DPP MOI sudah diambil alih oleh Dewan Pendiri MOI.

Sementara itu, Kuasa Hukum Dewan Pendiri Amos Abraham, SH., MH., mengenai supaya tidak ada pengertian atau pemahaman salah tentang pendemisioner atau pembekuan DPP MOI dan juga DPW dan DPC MOI se Indonesia. Menurutnya, dengan keputusan ini DPC dan DPW MOI boleh melakukan aktivitas tetapi tidak boleh membuat keputusan yang mengikat seperti melakukan pelantikan dan kontrak-kontrak kerja dengan pihak ketiga.

Sementara DPP MOI tidak boleh melakukan aktivitas dan dikendalikan langsung DP MOI. Bila Sinuraya dan Jusuf Rizal melakukan pelantikan DPC dan DPW MOI, dikategorikan melanggar hukum.

“Kami minta, semua anggota MOI pemilik media melaporkan kecurangan yang dilakukan DPP MOI yang sudah demisioner,” ujar Advokat Amos Abraham, SH., MH.

Menurut Amos Abraham yang juga Ketua Advokasi DPP IPJI ini mengatakan, peran dan tugas Dewan Pendiri sudah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MOI.

Dalam Anggaran Dasar MOI Bab IX, Dewan Pendiri, Pengawas, Penasehat dan Pembina, Pasal 19.

Dewan Pendiri hanya ada di tingkat pusat dan senantiasa melakukan pengawasan terhadap perjalanan organisasi dan dapat melakukan tindakan penyelamatan organisasi apabila dibutuhkan.

Sedangkan tugas dan wewenang Dewan Pendiri, Pembina, Penasehat, dan Pengawas  berdasarkan Anggaran Rumah Tangga MOI menurut Pasal 13 yang menyebut: “Sebagaimana diterangkan dalam Bab IX Pasal 19 Anggaran Dasar Perkumpulan Media Online Indonesia, keberadaannya diatur sebagai berikut :

Pada Ayat 6 menjelaskan :
“Dewan Pendiri dapat melakukan tindakan penyelamatan dalam bentuk pengambilalihan sementara Kepemimpinan Organisasi serta menyelenggarakan Musyawarah Nasional secepatnya apabila organisasi ini dianggap dalam keadaan kritis atau berbahaya oleh rapat Dewan Pendiri”.

Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MOI sangat jelas penjelasannya terkait penyelamatan organisasi MOI ada di tangan Dewan Pendiri.

Sementara, Ketua OKK DPP IPJI, Binsar Siagian yang ditunjuk juru bicara DP MOI mengatakan, Sekretariat Pusat Dewan Pendiri MOI beralamat di Jalan Gunung Sahari No. 111 Jakarta Pusat.

Selanjutnya Kuasa Hukum DP MOI, Amos Abraham meminta Rudi Sembiring untuk segera menggunakan Hak Pembelaan atas pencabutan kuasa sebagai Ketua Umum DPP MOI. “Makin cepat saudara Rudi Sembiring membuat pembelaan diri semakin baik,” pungkasnya. (Tim)