Jelang HPN 2021, Kadis Kominfo Siap Mediatori Organisasi Pers Kota Depok

JayantaraNews.com, Depok

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menyambut kehadiran Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) Kota Depok, bertempat di ruang tempat pertemuan Diskominfo, Jumat (08/01/2021). Hal ini berkenaan dalam rangka menyambut peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang akan dihelat oleh berbagai organisasi wartawan Kota Depok.

Dalam pertemuan tersebut, Sidik Mulyono, selaku Kadis Kominfo Kota Depok menyampaikan,  “Saya sangat apresiasi gagasan PWOIN Kota Depok dengan konsep serta isi acara yang akan dilaksanakan pada perhelatan Hari Pers Nasional 2021 Kota Depok,” katanya.

Pada prinsipnya, pihak Pemkot Depok mendukung apa yang disampaikan PWOIN Kota Depok tentang rencana akan mengadakan kegiatan Hari Pers Nasional di Kota Depok, ujarnya.

Namun, tambah Sidik, alangkah indahnya, jika pelaksanaan Hari Pers Nasional Kota Depok dilakukan bersama dengan seluruh elemen organisasi dan komunitas pers, agar terlihat guyub. “Kalau diminta, saya siap mediator organisasi maupun komunitas pers Kota Depok untuk duduk bersama bentuk Panitia HPN 2021,” tukasnya.

Acara HPN 2021 di Kota Depok yang akan dilaksanakan tersebut, tentunya akan terlihat rasa kebersamaan pada hari “H” nya nanti, karena rekan wartawan bersama organisasinya bisa berkumpul semua menjadi satu, dengan kegiatan semangat bersama.

“Meskipun pada pelaksanaannya nanti, masing-masing organisasi bisa juga membuat kegiatan sesuai yang diatur (roundown) acara dan sebelum hari puncaknya, tinggal dipilah saja waktunya, hanya untuk dilaksanakan kegiatan pers,” saran Sidik.

Pada acara puncak, semua organisasi dan komunitas akan berkumpul di hari “H” menjadi satu untuk memperingati HPN 2021 Kota Depok, ucap Sidik.

Sidik juga mengingatkan, untuk mengefisiensikan kegiatan di masa pandemi Covid-19, pada hakekatnya semuanya harus mematuhi protokol kesehatan dengan tidak ada kerumunan massa, terangnya.

Di tempat yang sama, Benny Gerungan, selaku Ketua PWOIN Kota Depok menguraikan tujuan rencana kegiatan yang disampaikan oleh Kadis Kominfo Kota Depok. “Kami akan mengadakan event ini adalah untuk memperingati ke-satu tahun nya PWOIN Kota Depok pada tanggal 5 Januari 2021. Namun dikarenakan waktu berdekatan dengan HPN, makanya dijadikan satu konsepnya pada hari pers tersebut,” urainya.

Ketua panitia acara PWOIN Kota Depok, Muhamad A’sad juga memaparkan konsep isi acara yang akan diselenggarakan.

Ada 5 agenda yang akan dilaksanakan oleh PWOIN Kota Depok, diantaranya adalah :
1. Diskusi wawasan kebangsaan
2. Pemberian penghargaan kepada wartawan PWOIN
3. Pemeriksaan kesehatan atau rapid test
4. Santunan yatim piatu
5. Seni budaya nusantara

Tujuan acara ini sekaligus memberikan edukasi kepada anggota serta individu awak media dalam hal wawasan kebangsaan, dimana belakangan ini, bangsa kita tengah dilanda demoralisasi terkait maraknya gerakan sparatisme, radikalisme, terorisme, Narkoba, intoleransi,  korupsi, serta kejahatan lainnya yang merongrong stabilitas berbangsa dan bernegara.

“Artinya, pers harus peka dan jangan terlena ataupun terkecoh dengan sains atau perang asimetris, proxy digital elektronik yang saat ini berkembang,” beber A’sad.

Masih kata A’sad, di masa Pandemi Covid-19, kita tahu negara sudah mengeluarkan dana triliunan rupiah untuk penanganan, penanggulangan musibah virus corona yang dampaknya saat ini masih terasa oleh kita semua, ditambah dengan akan dilakukan vaksin secara nasional.

Pers juga terdampak, bahkan menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi ini.

“Dengan demikian, momen HPN 2021 ini, kita jadikan catatan yang sangat mahal dan bersejarah dalam mengulas informasi menjadi berita, tentunya menjaga kesehatan dan peningkatan ekonomi secara keseluruhan,” pungkas A’sad. (Yuni)