Sebanyak 2.587 Vaksin Sinovac Tiba di Lamsel

JayantaraNews.com, Kalianda Lamsel

Sebanyak 2.587 vaksin Sinovac yang dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Selasa (12/01/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, vaksin Sinovac tiba sekira pukul 13.40 WIB di Kantor Dinas Kesehatan setempat dengan menggunakan mobil box, kendaraan operasional farmasi.

Juru bicara (Jubir) Tim Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Eka Riantinawati mengatakan, setibanya vaksin Sinovac tersebut di Kabupaten Lamsel, langsung disimpan dalam 2 cool room atau freezer dengan suhu 2 hingga 8 derajat celcius, ucapnya.

Eka juga menjelaskan, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengenai kapan akan dilakukan serta bagaimana cara dan teknis melakukan vaksinasi, jelasnya.

Dikatakannya, sebanyak 10 orang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lamsel, yang paling awal akan diberikan vaksinasi. “Dari ke 10 orang yang sudah ditentukan oleh pusat, akan dihubungi terlebih dahulu mengenai kesiapannya. Yang pasti kriterianya yang sehat, tidak ada penyakit penyerta, misalnya kencing manis, darah tinggi dan sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan 140 orang tenaga kesehatan yang berasal dari 27 Puskesmas di Lamsel untuk menjadi vaksinator. “Hari ini kawan-kawan vaksinator masih dilatih sampai dengan besok,” tutupnya. (Jupri)